Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Nangka (Artocarpus Heterophyllus) Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Yosafat Banjarnahor STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Faisal Taufik STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.941

Abstract

Nangka (Artocarpus Heterophyllus merupakan tanaman berkayu keras, percabangannya rimbun dan miring ke atas. Pohon hutan ini seluruh bagiannya bergetah, termasuk daun, batang, dan buah. Namun nangka cukup rentan terhadap serangan penyakit yang dapat merugikan petani bahkan membuat petani gagal panen, selama ini masalah yang terjadi di kalangan petani adalah kurangnya pengetahuan petani terhadap jenis-jenis penyakit tanaman nangka sehingga sering terjadi kesalahan diagnosa yang mengakibatkan keterla,batan dalam penanganan tanaman yang terserang penyakit.Dari uraian diatas maka sangat dibutuhkan sebuah aplikasi atau sistem yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit tanaman nangka (Artocarpus Heterophyllus). Sistem yang diciptakan mampu membantu para petani atau masyarakat umum dalam mendiagnosa penyakit tanaman nangka (Artocarpus Heterophyllus) karena seperti yang telah kita ketahui minimnya ahli pakar yang diperlukan para petani dan masyarakat umum untuk mengadakan konsultasi dengan ahli pakar tanaman nangka. Diharapkan sistem ini menjadi solusi dalam pemecahan masalah tersebut. Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.Metode dempster shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief function (fungsi kepercayaan) dan plausible reasoning (pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan peristiwa. Nilai kepercayaan (belief) pada metode dempster shafer yang didapat dari probabilitas kemunculan setiap gejala terhadap masing-masing penyakit pada data sampel kasus akan digunakan dalam proses perhitungan untuk mendapat hasil berupa persentasi penyakit pada nangka. 

References

M. S. d. T. Q. D. S. P. Ir.Wijaya, Bertanam 13 tanaman Buah di pekarangan, Jakarta: Penebar Swadaya, 2016.

J.Sugito, Ed., Nangka dan Cempedak, Yustina Erna Widyastuti ed., Jakarta: PT.Penebar swadaya,Dok.Trubus, 1993.

M. Dahria, "Pengembangan sistem pakar dalam membangun suatu aplikasi," vol. 10, p. 1, september 2011.

N. A. H. P. Muhammad syahril, "Penerapan Metode Dempster Shafer dalam mendiagnosa penyakit Bell's Palsy," vol. 3, p. 1, Desember 2016.

H. A. H. N. Niken Candra Ningrum, "Sistem pakar Diagnosa penyakit menular Pada Anjing menggunakan Metode Dempster Shafer," Sistem dan teknologi informasi (JUSTIN), vol. 1, p. 1, 2016.

N. A. H. P. M. Rina Miranda, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH (RIQIDOPORUS LIGNOSUS) PADA TANAMAN KARET (HAVEA BRASILIENSIS) DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR," Jurnal Riset Komputer (JARIKOM), vol. 3, p. 1, Desember 2016.

H. Listiyono, "Merancang dan Membuat Sistem Pakar," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XIII, p. 1, Juli 2008.

H. Listiyono, "Merancang dan Membuat Sistem Pakar," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XIII, p. 1, Juli 2008.

S. M. Hetty Rohayani. AH, "SISTEM PAKAR MEDETEKSI PENYAKIT KANKER GANAS YANG MENYERANG KAUM WANITA," Jurnal Processor, vol. 5, p. 2, Februari 2010.

11 M. Dahria, "PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DALAM MEMBANGUN SUATU APLIKASI," Jurnal SAINTIKOM, vol. 10, p. 1, September 2011.

S. M. V. Y. S. M. Zulfian Azmi, PENGANTAR SISTEM PAKAR DAN METODE, Jakarta:

Mitra Wacana Media, 2019.

P. sagala, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DAN HAMA PADA TANAMAN MANGGA BERBASIS WEB," Jurnal Informasi, vol. IX, p. 2, November 2017.

D. J. D. D. D. Encep Fuad Aziz, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SYARAF PADA WAJAH BERBASIS WEB," Jurnal Algoritma, vol. 11, p. 2, 2014.

M. Z. Efendi, "Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Buah Mangga Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Berbasis Web," Journal of Information and Technology, vol. 5, p. 9, Desember 2017.

H. Listiyono, "Merancang dan Membuat Sistem Pakar," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XIII, p. 8, Juli 2008.

N. S. B. Mikha Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart , vol. 2, p. 1, Desember 2016.

A. F. (. Yasidah Nur Istiqomah (07018047), "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER," Sarjana Teknis Informatika , vol. 1, p. 4, Juni 2013.

W. P. Elyza Gustri Wahyuni, "Prototype Sistem pakar Untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner Dengan Metode Dempster Shafer," IJCCS, vol. 7, p. 4, July 2013.

E. Faisal, "PENERAPAN TEORI DAMPSTER SHAFER PADA SISTEM CERDAS UNTUK MENDETEKSI GANGGUAN KESEHATAN KANDUNGAN," Teknologi informasi dan ilmu komputer , vol. 12, pp. 1-4, September 2014.

M. S. T. Q. D. S. P. Ir.Wijaya, BERTANAM 13 TANAMAN BUAH DI PEKARANGAN, Jakarta: Penebar Wsadaya, 2016.

A. Hendini, "PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS:DISTRO ZHEZHA PONTIANAK)," KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. IV, p. 2, DESEMBER 2016.

R. A. &. M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika Bandung, 2018.

R. A. S. &. M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN