Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Spodoptera Frugiperda (Ulat Grayak) Pada Tanaman Jagung Dengan menggunakan Metode Theorema Bayes

Authors

  • Martalena Rajagukguk STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra YS STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam AC STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.895

Abstract

Spodoptera Frugiperda (ulat grayak) adalah hama utama pada tanaman jagung. hama ini pada umumnya menyerang daun muda (pucuk) tanaman jagung dan akan aktif makan disana memakan daun muda (pucuk) sampai habis dan serangan semakin parah hama ini akan menyerang semua tanaman jagung. Pada saat ini banyak petani jagung kurang memperhatikan jenis serangan dari hama ini sehingga mengakibat gagal panen. Hal ini lah yang menyebabkan kurangnya pendapatan petani dan perekonomian daerah. Dari permasalahan tentang serangan hama Spodoptera Frugiperda (ulat garayak), ada suatu bidang ilmu yang dapat menangani permasalahan tersebut yaitu sistem pakar dengan menggunakan metode Theorema Bayes. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar dapat membantu menyelesaikan masalah yang biasanya dilakukan oleh seorang pakar.Hasil dari permasalahan adalah berupa aplikasi yang mengimplementasikan sistem pakar dengan mengadopsi metode Teorema Bayes dan nantinya dapat membantu masyarakat khususnya petani jagung untuk mengetahui diagnosa hama dan mengetahui solusi penanganannya. Kata Kunci : Hama Spodoptera Frugiperda,Sistem Pakar, Teorema Bayes

References

J. Zea, L. Terhadap, and P. Pupuk, “1* , 2 , 2 1,†vol. 2, no. 2337, pp. 813–824, 2014.

S. Panikkai, R. Nurmalina, S. Mulatsih, and H. Purwati, “PENCAPAIAN SWASEMBADA DENGAN PENDEKATAN MODEL DINAMIK Analysis of National Corn Availability to Become Self-sufficiency Throught Dynamic Model Approachmen,†pp. 41–48, 2017.

Y. Maharani, V. K. Dewi, L. T. Puspasari, L. Rizkie, Y. Hidayat, and D. Dono, “Cases of Fall Army Worm Spodoptera frugiperda J. E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) Attack on Maize in Bandung, Garut and Sumedang District, West Java.,†Crop. - J. Plant Prot., vol. 2, no. 1, p. 38, 2019.

S. Murni and F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†Jutikomp, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2018.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

T. Subiono, “Preferensi Spodoptera frugiperda ( Lepidoptera : Noctuidae ) pada Beberapa sumber Pakan ( Preferences of Spodoptera frugiperda ( Lepidoptera : Noctuidae ) in several feed sources ),†J. groekoteknologi Trop. Lembab, vol. 2, no. 2, pp. 130–134, 2020.

M. R. Fadillah, B. Andika, and D. Saripurna, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes,†vol. 19, no. 1, 2020.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN