IMPLEMENTASI PULSE WIDE MODULATION PADA ROBOT LENGAN PEMINDAH BARANG BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • Azmiral Rambe Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
  • Saniman S STMIK Triguna Dharma
  • M Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.884

Abstract

Pada penelitian  ini  dirancang suatu sistem pengendalian robot lengan yang fleksibel dilengkapi dengan empat motor servo, untuk mengatuhui sistem bekerja pada setiap sudut robot lengan. Program dalam pengunaan robot lengan ini menggunakan bahasa basic dan dikodekan kedalam bahasa “hex†software kode vision AVR (CVAVR). Tehnik yang digunakan pada robot ini adalah pulse wide modulation. Dalam penelitian robot lengan ini dikendalikan dengan 4 tombol untuk mengatur gerak, mikrokontroler berfungsi sebagai alat pengendali, LCD sebagai penampil dan motor servo yang berfungsi sebagai penggerak robot lengan.  Dalam menyimpulan robot lengan pemindah barang berbasis mikrokontroler ini sangat bergantung dengan program untuk menjalankan robot. Dan fungsi PWM sebagai pengatur kecepatan motor servo. Robot ini bekerja dengan menjapit benda, serta memindahkan dari tempat satu ketempat yang lain, yang dikendalikan oleh tombol. Setiap penyelesaiannya tergantung dengan tombol bila ditekan akan berjalan dan bila tidak ditekan maka akan berhenti.Kata Kunci :Robot Lengan, Push Button, Mikrokontroler, Motor Servo

References

E. Yuliza and T. U. Kalsum, “Alat Keamanan Pintu Brankas Berbasis Sensor Sidik Jari Dan Passoword Digital Dengan Menggunakan,†vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2015.

P. Rafiuddin Syam, ST, M.Eng, Seri Buku Ajar Robotika: Kinematika dan Dinamika Robot Lengan. makasar, 2015.

S. Sidik, “Siapa Minat, RI Butuh 17 Juta Tenaga Kerja IT,†2019. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com.

D. J. Todd, Fundamentals of Robot Technology. London: Kogan Page Ltd 120 Pentonville Road, London Nl 9JN, 1986.

E. HARIYADI . SUGIARTO, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN OR SERVO SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM MATA KULIAH DASAR SISTEM PENGATURAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA,†J. Pendidik. Tek. Elektro, 2015.

M. HUSAIN, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Software Proteus terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sumberrejo,†2015.

M. H. Widianto, “Pengaplikasian Sensor Hujan dan LDR untuk Lampu Mobil Otomatis Berbasis Arduino Uno,†Resist. (elektronika Kendali Telekomun. tenaga List. komputer), vol. 1, no. 2, pp. 79–84, 2018.

A. T. MA, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Tanggerang, 2017.

K. Suherman, “Rancang Bangun Lengan Robot Pada Kendaraan Pengangkut Sampah Berbasis Arduino,†Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar, 2016.

R. Prayogo, PENGATURAN_PWM_Pulse_Width_Modulation_de (1)-dikonversi. Malang, 2012.

S. Vicky Rahmat Saputra, “PROTOTIPE LENGAN ROBOT PEMINDAH BENDA BERBASIS PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER),†J. Autocracy, p. 130, 2016.

Downloads

Published

2018-11-30

URN