SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA KERUSAKAN PADA GIGI GERAHAM DEPAN (PREMOLARE) MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Sofyan Mahmuddin Said El Hayat Stmik Triguna Dharma Medan
  • Milfa Yetri S.Kom M.Kom Stmik Triguna Dharma Medan
  • Moch Iswan S.Kom M.Kom Stmik Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.872

Abstract

                Premolare umum terjadi tetapi dapat dicegah. Penyebabnya biasanya kebersihan mulut yang buruk. Premolare dapat menyebabkan gigi tanggal. Premolare merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung dan paru-paru. Gejala berupa : bengkak, merah, dan gusi lunak. Penanganan meliputi membersihkan kantong di sekitar gigi oleh tenaga profesional untuk mencegah kerusakan tulang di sekitarnya. Kasus yang lebih parah mungkin memerlukan operasi.Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pakar. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Theorema Bayes. Metode Theorema Bayes adalah salah satu metode sistem pakar yang bertujuan untuk menentukan nilai kepastiaan pada suatu penyakit. Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul“Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Gigi Geraham Depan (premolare) Menggunakan Metode Theorema Bayesâ€.Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat mempermudah dalam mendiagnosa penyakit Premolare dan dapat membantu Praktek Dokter Gigi Haleni Delfi.Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Premolare pada pasien dan mendapatkan hasil diagnosa yang akurat.

References

REFERENSI

H. M. Valentine et al., “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Awal Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Portal Garuda J., pp. 1–7, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/viewFile/11686/10980.

I. D. Susanto, B. Rifai, and H. Kuswanto, “Metode Bayes Untuk Diagnosa Penyakit Alergi Pada Anak Berbasis Web,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. II, no. 2, pp. 56–62, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1621.

L. Salisa Setiawati, I. Budiman, and O. Soesanto, “Penerapan Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno-Kang pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi,†J. Ilmu Komput., vol. 04, no. 01, pp. 1–10, 2016.

P. Putri and H. Mustafidah, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hati Menggunakan Metode Forward Chaining,†JUITA J. Inform., vol. I, no. 4, pp. 143–155, 2011.

Z. Kharismadhan, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Inf. Technol. Telemat., pp. 175–178, 2015.

H. T. Sihotang, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster,†vol. 3, no. 1, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-02

URN