Sistem pendukung keputusan untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pegawai pada kantor Pencarian dan Pertolongan Medan dengan menggunakan metode fuzzy associative memory(FAM)

Authors

  • vera sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Ishak, S.Kom., M.Kom I STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra, S.Kom., M.Kom T STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.841

Abstract

Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan memiliki masalah dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat. Untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat perlu dilakukan analisis mengenai kriteria-kriteria yang di pertimbangkan dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat. Adapun 3(tiga) kriteria tersebut antara lain, kesiagaan, keramahaan, dan kehandalan. Sehingga memerlukan sebuah metode  yaitu  fuzzy associative memory(fam).Untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat dengan menggunakan data operasi dan kriteria penilaian kinerja pegawai.Dari masalah tersebut diatas, pada penelitian ini akan menggunakan salah  satu  Sistem  Pendukung  Keputusan   (SPK)  adalah  solusi  yang  dapat membantu   menentukan   tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pegawai pada kantor SAR. Diharapkan dengan menggunakan Sistem Pendukung Keptusan (SPK) dan Metode Fuzzy Associative Memory(FAM) dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah di atas.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem  yang mampu menyelesaikan masalah pada kantor Pencarian dan Pertolongan Medan khususnya dalam hal menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pegawai.

References

A. Budi, C. Putra, D. T. Perkapalan, and F. T. Kelautan, “Desain Self-Righting Rescue Boat untuk BASARNAS,†vol. 8, no. 2, 2019.

N. Wulansari, E. Mahawati, and E. Hartini, “Title,†vol. III, no. 1, pp. 1–11, 2013.

F. Rezha, S. Rochmah, and Siswidiyanto, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok),†J. Adm. Publik, vol. 1, no. 5, pp. 981–990, 2009.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

A. Pendiagnosa, K. Warna, M. Pemrograman, B. Delphi, and S. Eniyati, “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†J. Teknol. Inf. Din., vol. 16, no. 2, pp. 171–176, 2011.

P. Umami, L. A. Abdillah, and I. Z. Yadi, “Sistem pendukung keputusan pemberian beasiswa bidik misi,†2014.

L. B. Masalah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DEALER HONDA TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP ( Decision Support System atau DSS ),†no. 0729, pp. 207–212.

A. A. Pratama and Nurmalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. IV, no. 2, pp. 48–55, 2018.

Internetstats, “Data Eksternal.

H. Rohayani, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,†J. Sist. Inf., vol. 5, no. Analisis Sistem Pendukung Keputusan, pp. 530–539, 2013.

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Articles

URN