Penerapan Metode Theorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Pyometra (Infeksi Rahim) Pada Kucing Jenis Sphinx

Authors

  • Muhammad Eza STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.779

Abstract

Terus meningkatnya jumlah pemelihara kucing tidak diimbangi dengan jumlah dokter hewan yang masih terbilang sedikit. Pemilik kucing sering kali tidak dapat mengetahui bahwa kucing mereka sedang sakit. Keterbatasan waktu serta ketersediaan tenaga dokter hewan membuat keterlambatan penanganan pada kucing tersebut yang mengakibatkan penyakit semakin parah. Tidak sedikit pemelihara yang kebingungan saat kucing yang dipelihara terlihat murung, lemas, dan bahkan tidak mengetahui kucingnya sedang terserang penyakit pyometra atau infeksi rahim. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pakar. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Theorema Bayes. Metode Theorema Bayes adalah salah satu metode sistem pakar yang bertujuan untuk menentukan nilai kepastiaan pada suatu penyakit. Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “Penerapan Metode Theorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Pyometra Pada Kucing Jenis Sphinxâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat mempermudah dalam mendiagnosa penyakit Pyometra dan dapat membantu Indonesian Cat Association. Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Pyometra pada kucing jenis Sphinx dan mendapatkan hasil diagnosa yang akurat. 

References

D. Purnomo, B. Irawan, and Y. Brianorman, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android,†J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 05, no. 1, pp. 23–32, 2017.Y. Silalahi and T. Zebua, “Penerapan The Extended Promethee II ( Exprom II ) Untuk Penentuan Produk Diskon,†vol. I, no. Exprom Ii, 2017.

R. Ramadhan, I. F. Astuti, and D. Cahyadi, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 263–269, 2017.

S. M. Suci Fidyaningsih, Fahrul Agus, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case-Based Reasoning,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf. ISSN 2540 – 7902 Vol., vol. 1, no. 1, pp. 113–119, 2016.

A. R. dan N. H. Wisnu Mahendra, “Penerapan Teorema BAyes Untuk Identifikasi Penyakit Pada Tanaman,†pp. 1–5, 2015.

A. N. Dany Meiko Bangkit Setyawanl, Andy Haryoko2, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Dengan Metode Naive Bayes,†no. September, pp. 0–3, 2018.

H. T. Sihotang, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster,†vol. 3, no. 1, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN