SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CALON PELANGGAN PADA PDAM TIRTANADI CABANG DISKI MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALIYSIS ( MOORA )

Authors

  • Defri Dicky Wahyudi STMIK Triguna Dharma
  • yohanni syahra STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.760

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Medan merupakan badan usaha milik daerah provinsi Sumatera Utara yang terdiri pada zaman pemerintahan Belanda pada tanggal 23 september 1905 dengan nama NV. Waterleidung Maatschappij Ayer Bersih dan berkantor pusat di Amseterdam negri Belanda. Meskipun telah melalui zaman penjajahan Belanda dan Jepang, dan selanjutnya memasuki masa kemerdekaan republik Indonesia. Perusahaan masih mampu memberikan pelayanan masyarakat secara berkelanjutan. Status dan nama perusahaan telah di ganti-ganti dan berdasarkan peraturan pemerintahan provinsi daerah tingkat 1 Sumatera Utara No 11 tahun 1979 ini disempurnakan lagi dengan perda provinsi Sumatera Utara No 2 tahun 1985, dan selanjutnya disempurnakan dengan perda No 6 tahun 1991.  Menentukan Calon Pelanggan berpengaruh pada perusahaan karena berhubungan dengan pelayanan, kualitas, serta produksi. Terkadang ada beberapa masalah dalam menentukan calon pelanggan. Lalu Complain tersebut di catat menggunakan Buku Complain. Tujuannya untuk memperbaiki produksi pada PDAM TIRTANADI CABANG DISKI. Dari masalah tersebut, maka akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan calon pelanggan pada PDAM TIRTANADI CABANG DISKI menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analiysis berbasis desktop.  Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan berbagai permasalahan yang terstruktur maupun tidak terstruktur lalu menyediakan informasi, pemodelan serta data. Dalam Sistem Pendukung Keputusan, terdapat banyak metode yang digunakan seperti Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analiysis. Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analiysis suatu teknik optimasi multi objective yang dapat berhasil diterapkan untuk memecahkan berbagai jenis masalah pengambilan keputusan yang kompleks dalam pembuatan keputusan.

References

A. Revi, I. Parlina, and S. Wardani, “Analisis Perhitungan Metode MOORA dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan di Toko Megah Gracindo Jaya,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, H. Nurdiyanto, and Yuhandri, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

M. Safii and A. Zulhamsyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Yamaha Alfascorfii Dengan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, p. 162, 2018.

N. R. Yanifa, D. Arifianto, and A. Nilogiri, “Implementasi metode moora,†2010.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN