Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Reviewer Pada E-Jurnal Saintikom di STMIK Triguna Dharma Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)

Penulis

  • Ayuni Sentia STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.758

Abstrak

STMIK Triguna Dharma merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menerapkan Peraturan Menteri Ristekdikti yang menerangkan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menerbitkan jurnal ilmiah, dimana diperuntukkan agar dapat meningkatkan kualitas institusi dalam publikasi jurnal ilmiah secara online.E-Jurnal SAINTIKOM merupakan salah satu jurnal ilmiah berbasis elektronik yang dikelola oleh Pusat Riset dan Pengabdian Masyarakat (PRPM) STMIK Triguna Dharma. Jurnal ini terdapat proses mulai dari setiap artikel yang telah dikirim oleh penulis akan diperiksa originalnya terlebih dahulu oleh editor setelah itu akan diteruskan ke reviewer. Reviewer bertugas mereview artikel dalam periode 1 tahun dan waktu yang dibutuhkan untuk mereview maksimal 1 bulan. Akan tetapi yang tejadi saat ini masih ada reviewer yang bertugas lebih dari waktu yang telah ditentukan sehingga mengakibatkan penundaan dalam penerbitan artikel. Karena selama ini proses pemilihan masih dilakukan secara konvensional tanpa melihat track record terhadap calon reviewer.Salah satu mengatasi permasalahan proses pemilihan calon reviewer yaitu dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode SMART. Metode SMART termasuk metode yang sudah teruji dan telah dibuktikan dengan beberapa peneltian sistem pendukung keputusan tentang proses pemilihan. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan diharapkan dapat menjadi solusi dalam proses pemilihan calon reviewer secara cepat dan tepat.

Referensi

M. Riset, D. A. N. P. Tinggi, and R. Indonesia, “Salinan-Permenristekdikti-Nomor-9-Tahun-2018-AKREDITASI JURNAL ILMIAH,†2018.

G. Green, “Mengenal elektronik jurnal dan manfaatnya bagi pengembangan karier pustakawan,†vol. XIV, no. 2, pp. 38–44, 2015.

E. Reviewer and K. Penugasan, “Etika reviewer,& kriteria penugasan.â€

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada sistem pendukung keputusan. Yogyakarta: deepublish, 2017.

N. Working, V. R. Application, and S. View, “Study of the Simple Multi-Attribute Rating Technique For Decision Support Study of the Simple Multi-Attribute Rating Technique For Decision Support,†no. December, 2016.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-10-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN