Penerapan Metode Preferences Selection Index (PSI) Untuk Menentukan Kelayakan Jabatan Head Security Pada PT. Dapensi Trio Usaha

Authors

  • Muhammad Rizky Aulia STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Fitri Boy STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suharsil S STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.756

Abstract

Satpam merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan inisiatif di lingkungan kerjanya. Sesuai dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007, bahwa Satuan Pengamanan merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Polri di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, terbatas di lingkungan kerjanya. Tugas utama Satpam adalah menyelenggarakan ketertiban dan keamanan di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personil, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Fungsi dari satpam ialah  melindungi dan mengayomi masyarakat lingkungan/tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya                       Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka dibuatlah sistem aplikasi pada sistem pendukung keputusan menentukan kelayakan jabatan Head Security pada PT. Dapensi Trio Usaha Menggunakan Metode Preference Selection Index (PSI).Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak PT. Dapensi Trio Usaha dalam menentukan kelayakan jabatan Head Security dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan terciptanya perangkat lunak yang bersifat transparansi, efisien, dan akurat.

References

A. P. Wibowo and S. Hartati, “Sistem Klasifikasi Kinerja Satpam Menggunakan Metode Naїve Bayes Classifier,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 1, no. 2, p. 192, 2016.

M. ko. Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. C.V ANDI OFFSET, 2014.

K. Maniya and M. G. Bhatt, “A selection of material using a novel type decision-making method: Preference selection index method,†Mater. Des., vol. 31, no. 4, pp. 1785–1789, 2010.

F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018.

Downloads

Published

2019-08-30

URN