Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Potensial dan Strategis Pada PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate Dalam Budidaya Karet Dengan Merapkan Additive Ratio Assessment (ARAS)

Authors

  • dwi utari STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani El STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.747

Abstract

PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate merupakan salah satu perusahaan pengolah karet yang ada diSumatera Utara. Dalam pengolahan karetnya perusahaan ini memperoleh bahan baku getah karet dari perkebunan perusahaan sendiri. Dalam penanaman karet dilokasi yang baru membuat pihak perusahaan harus meninjau langsung menuju lokasi dengan jarak yang cukup jauh sehingga membutuhkan waktu lebih dalam pemilihan lokasi belum lagi dengan kondisi tanah yang tidak cocok untuk tanaman karet dan harus memilih lokasi lain yang jauh juga. Hal ini dapet mengakibatkan terbuangnya waktu dengan sia-sia dan jika salah memilih lokasi lahan penanaman dapat mengakibatkan hasil produksi yang menurun dan tidak mencapai target.Pada penelitian ini penulis menerapkan solusi yaitu menggunakan sistem pendungkung keputusan dalam menentukan lokasi penanaman karet yang berpotesi. Dimana sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem komputer untuk pengolahan data yang bersumber dari beberapa masalah semi terstruktur maupun tidak terstuktur yang spesifik menjadi semua informasi. Dan dibantu juga dengan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS), metode ini merupakan metode pengambilan keputusan multikriteria dengan membandingakn nilai  indeks keseluruhan masing-masing alternative dengan nilai indek keseluruhan alternative optimal dalam konsep perangkingan.Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi pengimplementasian Sistem Pendukung Keputusan dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment yang nantinya dapat membantu PT. Brigestone Sumatra Rubber Estate dalam mengetahui lokasi potensial dan strategis pada menanaman karet.

References

Wikipedia, “Karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Sumber utama produksi karet dalam perdagangan internasional adalah para atau Hevea brasiliensis (suku Euphorbiaceae),†2019. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Karet.

H. R. Hatta et al., “Pemilihan lahan terbaik untuk tanaman kelapa sawit menggunakan metode simple additive weighting,†pp. 1–5, 2017.

L. C. L. H. Gaol and Astuti Nelly, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode Aras Studi Kasus Pt . Anugrah Busana Indah,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 13, pp. 16–21, 2018.

N. A. H. T. R. Sitompul, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,†Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

Dicky Nofriansyah dan Sarjon Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2017.

R. S. Fadila Pratiwi, Fince Tinus Waruwu, Dito Putro Utomo and Program, “Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V Fadila,†Penerapan Metod. Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkeb. Terbaik Pada PTPN V Fadila, pp. 651–662, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN