SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN JURUSAN PADA SANTRI PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Syahmi Fauzi Sinaga, Ishak I, Rico Imanta Ginting

Abstract


Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah merupakan pondok pesantren modern yang memiliki sekolah formal dibawah kurikulum Diknas atau Kemenag dari SD/MI, MTS/SMP, MA/SMA maupun sekolah tinggi. Penentuan minat jurusan dilakukan ketika santri duduk dikelas X (sepuluh), dengan dilakukan tes IQ oleh pihak pesantren. hasil tes ini menjadi acuan untuk menentukan jurusan santri, dikarenakan aspek penilaian hanya dari tes IQ dan tes kepribadian menyebabkan hasil yang kurang sesuai oleh beberapa santri.

Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan jurusan pada santri dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah Metode Fuzzy Tsukamoto. Metode ini dipilih karena dapat melakukan pengambilan keputusan dengan cara menyederhanakan persoalan yang dialami dan dapat mempercepat pengambilan keputusan

 

Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu pesantren dalam menentukan jurusan santri yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada pesantren yang lain.


Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (September 2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Sainsmat. Vol 4 (2). Hal 179.

Gusrion, Deval. (Maret 2018). Membuat Aplikasi Penyimpanan dan Pengolahan Data Dengan VB. Net. Jurnal Komtekinfo. Vol XII (1). Hal 152.

Kusumadewi, Sri. (Maret 2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII (1). Hal 1.

Muhakamurrohman, Ahmad. (Maret 2014). Pesantren : Santri, Kiai dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan Islam. Vol XII (1). Hal 110.

Reza, Altanova. (Januari 2017). Penentuan Jurusan Siswa Sekolah Menengah Atas Disesuaikan dengan Minat Siswa. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 13 (1). Hal 57.

Muhammad. (Februari 2013). Perancangan Manajemen Bandwidth Internet Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi. Vol 7 (1). Hal 5.

Wicaksono, Agung. (Agustus 2014). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Dengan Algoritma Fuzzy Tsukamoto di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Ilmiah Sinus. Vol 1 (1). Hal 14.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.6925

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]