Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penambahan Cabang Baru Indomaret Wilayah Kota Medan Dengan Menggunakan Metode Aras

Authors

  • berema sitepu STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha Ay STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin AZ STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.596

Abstract

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2.Indomaret adalah salah satu retail waralaba terbesar di Indonesia, retail ini terus berkembang pesat diikuti dengan retail-retail yang lain. Untuk terus dapat mendukung perkembangan dan kebutuhan masyarakat maka dibutuhkan penambahan cabang baru.  Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan penambahan cabang baru Indomaret. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah adalah Additive Ratio Assesment (ARAS) yaitu dengan cara memecah permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi kriteria, sehingga menghasilkan nilai akhir pada setiap alternatif.                 Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu pihak Indomaret dalam menentukan kelayakan penambahan cabang baru wilayah kota Medan. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada instansi yang lain.

References

A. H. Abdul, “Kepolisian Negara Republik Indonesia,†2015. [Online]. Available: https://www.wikiapbn.org/kepolisian-negara-republik-indonesia/.

M. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode Topsis,†J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, p. 54, 2017.

H. Winata, Marsono, and A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentuka Kelayakan Penerima Bantuan Siswa Miskin ( BSM ) Pada SD Negeri 8 Bintang Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution ( TOPSIS ),†J. Sains dan Komput., vol. 17, no. 2, pp. 198–205, 2018.

R. K. Niswatin, “Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Weighted Product ( Wp ),†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 31–36, 2016.

O. Fajarianto, M. Iqbal, and J. T. Cahya, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan Dengan Metode Weighted Product,†vol. 7, no. 1, pp. 49–55, 2017.

R. A. S. M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN