Penerapan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Pengamanan Data Taspen Di Pt.Pos Indonesia

Authors

  • Type Sultan Lubis STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rico Imanta Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.558

Abstract

Keamanan membuat data menjadi sangat bahaya jika diketahu oleh pihak yang tidak berhak. Salah satu contoh pengelolahan ini terjadi pada PT.Pos Indonesia cabang Medan yang melayani proses transaksi pembayaran dana pensiun. Dalam proses ini terdapat Bidang pelayanan terdiri dari bagian kepersetaan, bagian layanan dan manfaat. Pada bagian pelayan dan kegunaa terdapat Enrollment (pendaftaran). AES merupakan algoritma cryptographic yang penggunaanya untuk melakukan proses mengamankan data. Algoritma AES adalah blokchipertext simetrik yang dapat melakukan enkripsi (encipher) dan dekripsi (decipher) informasi.Untuk meneliti kemampuan  algoritma AES (Advanced Encryption Standard) dalam melakukan pengamanan data TASPEN yang ada di PT,Pos Indonesai Cabang Medan. Pengamanan data TASPEN yang dilakukan terkait proses pendaftaran (Enrollment) pensiunan TASPEN yang diterapkan proses enkripsi sehingga menghasilkan data yang tidak dapat dibaca lagi dalam bentuk ciphertext. Proses enkripsi yang dilakukan terhadapt data pensiunan TASPEN untuk data nama, tanggal lahir dan gaji. AES mampu memberikan keamanan yang luar biasa dan juga performansi yang baik.

Author Biographies

Type Sultan Lubis, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

“Peningkatan Keamanan Data dengan Metode Cropping Selection Pseudorandom.â€

L. Bruno, “済無No Title No Title,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

A. A. Safitri, T. S. Jaya, and D. K. Widyawati, “APLIKASI PEMBERITAHUAN PEREKAMAN ULANG DATA PESERTA PENSIUN BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN API PADA PT . TASPEN,†pp. 1–13, 1960.

M. M. Amin, J. T. Komputer, P. Negeri, and S. Palembang, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI KLASIK PADA KOMUNIKASI BERBASIS TEKS,†J. Pseudocode, vol. 2, 2016.

R. Toyib and A. Wijaya, “ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA SIMETRIS RIVEST CODE 5 DENGAN ALGORITMA SIMETRIS RIVEST CODE 6) (Studi Kasus : SMK Negeri Seluma),†J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 2, pp. 203–209, 2019.

D. A. Meko, “Jurnal Teknologi Terpadu Perbandingan Algoritma DES , AES , IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data Donzilio Antonio Meko Program Studi Teknik Informatika , STIMIK Kupang Jurnal Teknologi Terpadu,†J. Teknol. Terpadu, vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2018.

A. F. Ramdhansya, E. Ariyanto, and H. H. Nuha, “Implementasi Advanced Encryption Standard (Aes) Pada Sistem Kunci Elektronik Kendaraan Berbasis Sistem Operasi Android Dan Mikrokontroler Arduino,†Semin. Nas. Inform., vol. 2014, no. semnasIF, pp. 92–98, 2014.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN