Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Pelayanan Sekolah di RA BINMUDORA Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM)

Authors

  • Fadillah Free Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.508

Abstract

Kepuasan orang tua siswa merupakan konsep sentral dalam wacana bisnis dan manajemen pada suatu lembaga pendidikan. Konsekuensi kepuasan orang tua siswa sangat krusial bagi kalangan lembaga pendidikan, dan juga konsumen. Bagi lembaga pendidikan, kepuasan dipandang sebagai salah satu dimensi kinerja pasar. Peningkatan kepuasan orang tua siswa berpotensi mengarah pada pertumbuhan siswa-siswa jangka panjang dan jangka pendek. Sedangkan, kualitas layanan adalah pendorong utama kesetiaan konsumen. Ada beberapa kriteria dalam menentukan tingkat kepuasan orang tua siswa terhadap pelayanan lembaga pendidikan yaitu dapat dilihat dari pendidik, materi ajar, serta sarana dan prasarana sekolah.Untuk itu dikembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang di gunakan untuk menentukan tingkat kepuasan orang tua siswa terhadap pelayanan sekolah. Sistem pendukung keputusan dibangun untuk mendukung mendapatkan solusi atas suatu masalah  untuk mengevaluasi suatu peluang.Dengan hasil penelitian ini adalah yang pertama sistem pendukung keputusan sangat berpengaruh untuk mengetahui tingkat kepuasan orang tua siswa  terhadap pelayanan yang diberikan oleh lembaga pendidikan. Kedua, metode FAM  dapat diterapkan pada sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam proses perhitungan dan penyelesaian algoritma permasalahan. Ketiga, pembangunan aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis Dekstop yang digunakan dapat membantu pihak lembaga pendidikan dalam mengetahui tingkat kepuasan orang tua siswa, yaitu dengan cara menginput nilai yang diberikan oleh orang tua siswa.

References

D. S. Marsono, Ahmad Fitri Boy, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory ( FAM ),†vol. 3, no. 1, pp. 78–85, 2020.

M. I. Daulay, “Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga Paud,†KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 21–38, 2018, doi: 10.24014/kjiece.v1i1.5520.

J. Oliver, “Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System),†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 16–19, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

M. Syafrizal, “Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System),†vol. 11, no. 3, pp. 77–90, 2010.

I. S. Muhammad Dahria, Saiful Nur Arief, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt. Sas Menggunakan Metode Fuzzy Asosiative Memory,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2020.

Marsono, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Barang NG ( Not Good ) di PT . Sagami Indonesia Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Assosiative Memory ( FAM ),†vol. 2, no. 2, pp. 71–80, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-30

URN