Penentuan Calon Aviation Security (Avsec) Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment

Authors

  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Nur Patmawati Ningrum STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.499

Abstract

PT Angkasa Pura II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa bandar udara yang berada di wilayah Indonesia. Padatnya aktivitas yang terjadi di bandara sehingga dibutuhkan personil aviation security (AVSEC) atau keamanan bandara. Namun dalam proses pemilihan calon personil AVSEC tersebut belum menggunakan metode pengambilan keputusan yang terkomputerisasi. Sehingga dalam proses penyeleksian tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisien.Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan calon personil AVSEC dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah adalah Additive Ratio Assesment (ARAS) yaitu dengan cara memecah permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi kriteria, sehingga menghasilkan nilai akhir pada setiap alternatif.Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu PT Angkasa Pura II dalam menentukan calon personil AVSEC yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada instansi yang lain.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, H., & Riswaya, R. A. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti, 8(2), 61–69.

Ambarita, A. (2016). Analisis Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Aset Dearah ( Studi Kasus : Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi Maluku Utara ), 5(4), 47–56.

Faizin, A., Studi, P., Informatika, T., Komputer, F. I., & Dian, U. (N.D.). Aplikasi Kamus Digital Bahasa Indonesia - Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Prototyping, 1–7.

Gusrion, D., Kom, S., & Kom, M. (2018). Membuat Aplikasi Penyimpanan Dan Pengolahan Data Dengan Vb . Net, 5(1), 150–163.

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap, (1), 41–50.

Leonard, T., & Sela, K. T. (2018). Kendaraan Pada Pt . Dahepa Damai Pratama Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic . Net Dan Database Sql Server Processing, 2(02).

Muharsyah, A., Hayati, S. R., Setiawan, M. I., & Nurdiyanto, H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi- Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ( Moora ), 5(1), 19–23.

Nofrenda, M. Dkk. (2018). Perancangan Aplikasi E-Learning Mata Pelajaran Fisika Kelas 3 Ipa Di Sman 2 Lubuk Sikaping, 8(2), 55–62.

Nofriansyah , D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (Mcdm) Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Prasetyo, Ekkal. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi Dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu, Vii(2), 1–10.

Purnamasari, I., & Novitasari, D. (N.D.). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dealer Honda Terbaik Dengan Menggunakan Metode Ahp ( Decision Support System Atau Dss ), (0729), 207–212

Rosa A.S & M. Shalahuddin, (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung..

Sari, A. M., & Yulianti, L. (2015). Aplikasi Pendataan Pasien Rujuk Balik Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( Bpjs ) Bengkulu, 11(2).

Setiaji, P., Dan Triyanto, W. A. (2017). Klastering Industri Di Kabupaten Kuds, 547–551.

Shany, A., Khairina, D. M., & Maharani, S. (2016). Sistem Informasi Evaluasi Akademik Mahasiswa ( Studi Kasus Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas, 11(1).

Sihotang, H.T & Siboro, M.S. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Saw Pada Sekolah Smp Swasta Mulia Pratama Medan, 1(1), 1–6.

Sumirat, I., & Jakaria, D. A (2018). Aplikasi Pengolahan Data Stok Mobil Pada Dealer Xyz Di Tasikmalaya 1, 1(1).

Susianto, D., & Guntoro, R. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Daerah Titik Rawan Kecelakaan Di Provinsi Lampung, 14(1), 19–25.

Syafitri, Y., Informatika, J. M., Diagram, A., & Diagram, S. (2016). Pemodelan Perangkat Lunak Berbasis Uml Untuk Pengembangan Sistem Pemasaran Akbar Entertainment, 12(1), 31–39.

Zefriyani & Santoso, B. (2015). Sistem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Persediaan Barang Menggunkaan Metode Economic Order Quantity (Eqq) Menggunakan Bahasa Pemograman Java Dan Database Mysql Pada Toko Kansa Elpiji, 23–32.

Downloads

Additional Files

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN