Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Nilai Market Jaminan Pada Mikro PT. Bank Pan Indonesia,Tbk Dengan Metode MOORA

Authors

  • frans donal gultom STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.492

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui harga market jaminan yang mudah dijual kembali kepada pembeli dalam waktu yang singkat. Pada Mikro PT. Bank Pan Indonesia, Tbk Medan, jaminan kredit macet jika ditawarkan dengan harga appraisal saat permohonan akan membutuhkan waktu 6 bulan keatas dan harga penawaran yang cendrung turun dari calon pembeli.Sistem pendukung keputusan dalam penentuan nilai market jaminan dari pinjaman sangat dibutuhkan, karena hasil analisis hendaklah menggunakan prinsip kehati hatian dan sebagai salah satu penerapan dari manajemen resiko, terutama untuk menghindari kerugian bagi pihak bank apabila kreditur gagal bayar. Sistem pendukung keputusan dapat dijadikan sebagai alat atau model analitis meningkatkan kemampuan pengambil keputusan dalam memecahkan masalah.Dan juga dilengkapi dengan design interface untuk mempermudah integrasi antara berbagai komponen dalam proses pengambilan keputusan dengan menggunakan metode MOORA.

References

Bank Pan Indonesia, “Laporan Tahunan : Inovasi Produk dan Layanan Untuk Penguatan Kinerja,†2016.

A. Aziz and E. Wicaksono, “Analisis Skema Alternatif Kredit Program Untuk Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah,†J. Ekon. Kebijak. Publik, vol. 07, no. 02, pp. 143–157, 2016.

D. Silly, A. Kristi, M. Saifi, and Dwiatmanto, “Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Mikro Dalam Rangka Mendukung Pengendalian Intern ( Studi pada PT . Bank Jatim Cabang Utama Kediri ),†J. Adm. Bisnis, vol. 55, no. 1, pp. 170–179, 2018.

M. Puspita Sari, “Determinan Penyaluran Kredit Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Pada Bank Umum Konvensional Di Indonesia,†Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Marfuah, “Prosedur Taksir Niilai Jaminan Dalam Pemberian Pembiayaan Mikro Syariah Akad Mudharabah Di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kertek,†Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018.

N. Wahyu, “Analisis Penilaian Agunan Dalam Keputusan Pemberian Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Mitra Dana Sakti Lampung Selatan,†Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, 2018.

F. Eka, “Analisa Mekanisme Penilaian Barang Jaminan Dalam Mendapatkan Pembiayaan Murabahah Di KJKS BMT Walisongo Mijen Semarang,†UIN Waligosongo Semarang, 2015.

G. Lumbantoruan and E. Rosinta Br Simarmata, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wali Kelas Berdasarkan Prestasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting ( Studi Kasus SMK Brigjend Katamso Medan ),†vol. 17, pp. 231–236, 2018.

Downloads

Published

2022-07-21

URN