Implementasi Metode Pulse Width Modulation (PWM) Sebagai Kendali Lampu Belajar Secara Otomatis Berbasis Arduino

Authors

  • Paiman Marpaung STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al Hafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.4761

Abstract

Lampu merupakan sebuah piranti elektronik pada rumah dan meja belajar, yang mana lampu berfungsi untuk penerangan dalam suatu ruangan di dalam rumah atau di meja belajar, sehingga lampu mempunyai peran yang penting di dalam rumah dan meja belajarsetiap harinya. Umumnya pengaturan sistem kendali pada lampu masih dikendalikan secara manual, yang mana untuk menyalakan dan mematikan, masih menggunakan saklar on/off. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah suatu kendali lampu yang dapat bekerja secara otomatis yang menggunakan metode Pulse Width Modulation (PWM), dimana alat ini dapat mengontrol lampu, sensor ultrasonik sebagai alat deteksi pengguna,sensor PIR berguna untuk mendeteksi pergerakan dengan membaca jarak yang telah ditentukan, alat yang dingunakan keluar masuk lampu dari rak nya menggunakan motor servo dan berbasis arduino. Dengan membangun sistem ini dapat membantu pengguna atau masyarakat untuk lebih mudah mengendalikan lampu belajar secara otomatis.

Author Biography

Paiman Marpaung, STMIK Triguna Dharma

sistem Komputer

References

L. A. Putra and A. R. Hakim, “Sistem Kendali Lampu Cerdas Pada Smarthome Berbasis Android mengunakan Metode Fuzzy Logic Control,†CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 1, p. 9, 2018, doi: 10.22303/csrid.10.1.2018.9-19.

a. G. T. Kansha Isfaraini Huurun’ien, Agus Efendi, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ),†J. Ilm. Pendidik. Tek. Kejuru., vol. X, no. 2, p. https://jurnal.uns.ac.id/jptk, 2017.

E. R. dan E. Yuliawati, “Pengembangan Produk Lampu Meja Belajar dengan Metode Kano dan Quality Function Deployment (QFD),†J. Res. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 78–86, 2016.

Royan and Luqman A, “Aplikasi Motor Dc-Shunt Untuk Laboratory Shaker Menggunakan Metode Pwm (Pulse Width Modulation ) Berbasis Mikrokontroler Atmega 32,†Media Elektr., vol. 8, no. 1, 2015.

M. S. Adzim, “Perancangan Sistem Kendali Otomatis Smart Home Berbasis Android Menggunakan Teknologi WIFI (ESP8266) dan Arduino UNO,†Digit. Libr. STMIK GICI, 2018.

Downloads

Published

2021-12-02

URN