Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Komandan Regu Security Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Yuri Dinata Stmik Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.4726

Abstract

Tidak tepatnya dalam pemilihann Komandan Regu Satpam dapat mengakibatkan buruknya kinerja anggota satpam dan kurang maksimalnya saat bertugas. Dengan proses pemilihan Komandan Regu Satpam atau Security yang berjalan saat ini di perusahaan PTPN II Tanjung Morawa dilakukan dengan cara menunjuk Satpam yang lebih senior atau yang lebih tua, terkadang anggota yang lebih tua atau senior masih minim kemampuan untuk menjadi komandan regu. Agar mudah dalam melakukan penyelesaian masalah ini maka dibuatlah sebuah program Sistem Pendukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan ialah suatu sistem yang memiliki kemampuan dalam melakukan pemecahan suatu masalah dan dapat menghasilkan sebuah solusi. Sistem ini berguna dalam pengambilan sebuah keputusan pada situasi yang terstruktur ataupun tidak terstruktur dalam menentukan hasil keputusan yang dibuat secara pasti. Program Sistem Pendukung Keputusan memerlukan sebuah metode dalam melakukan perhitungannya dan metode yang digunakan yaitu metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Metode ini  memiliki perhitungan yang mudah dipahami dan memiliki tingkat ke akuratan yang baik dan dapat membantu pihak PTPN II dalam pemilihan komandan regu security

Author Biographies

Yuri Dinata, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. T. U. Sya’bana, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Calon Supervisor Pada PT.Petnesia Resindo Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 3, pp. 29–34, 2016.

Y. D. Lestari, A. Perdana, P. Studi, T. Informatika, U. Harapan, and S. P. Keputusan, “PEMILIHAN PEMINATAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA APPLICATION OF THE WASPAS METHOD IN DETERMINING THE SELECTION OF SPECIALTY IN INFORMATICS,†vol. 01, no. 02, pp. 1–8, 2020.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

F. Rosalina and A. Kusumawati, “Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang),†J. Adm. Bisnis, vol. 60, no. 1, pp. 139–148, 2018.

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 47–54, 2019.

Downloads

Published

2020-10-30

URN