Irigation Monitoring Control Untuk Tanaman Hidroponik Dengan Metode NFT Menggunakan Node Mcu Berbasis Telegram

Authors

  • Jp yorri Efratta Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4693

Abstract

Hidroponik (Hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Jadi hidroponik merupakan salah satu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa memakai tanah dan menekankan penumbuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Di masa sekarang ini penanaman hidroponik sudah sangat banyak digunakan dikarenakan system hidroponik memiliki kelebihan dalam hal penggunaan air dan nutrisi yang stabil dan juga tidak banyak memakan lahan. tetapi tidak sedikit juga kegagalan yang didapat dalam penanam hidroponik dikarenakan ketinggian aliran air pada talang yang berlebihan dan membuat berkurangnya ruang udara pada talang yang menyebabkan tumbuhan pada tanaman Hidroponik bisa menjadi layu dan tidak tumbuh dengan semestinya. Dengan adanya permasalahan tersebut tentang pentingnya mengatur kestabilan ketinggian air pada talang menggunakan sensor ultrasonic dan juga penerapan metode NFT (nutrient film technique) dalam penggukuran ketinggian air, maka perlu dirancang sebuah sistem yang dapat memonitoring ketinggian air yang berlebih pada talang Hidroponik. kemudian untuk pemantauan dari jarak jauh dapat dilakukan menggunakan aplikasi telegram.Sehingga teknologi ini cocok untuk diterapkan dalam bidang budidaya seperti budidaya tanaman, karena dapat membantu pembudidayaan dan memonitoring ketinggian air pada talang. Maka dari itu akan mendapatkan hasil kestabilan dan keterjagaan aliran pada air yang dapat terjadi kapan saja pada penanaman Hidroponik.

Author Biographies

Jp yorri Efratta Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

S. A. Mulasari, “Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta,†J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, p. 425, 2019, doi: 10.12928/jp.v2i3.418.

M. Singgih, K. Prabawati, D. Abdulloh, T. Industri, and M. Hidroponik, “HIDROPONIK NFT,†vol. 03, no. 1, pp. 21–24, 2019.

I. S. Roidah, “PEMANFAATAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK,†vol. 1, no. 2, pp. 43–50, 2014.

“Ini Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik yang Harus Anda Tahu! | Bibit Online.†https://bibitonline.com/artikel/ini-kelebihan-dan-kekurangan-hidroponik-yang-harus-anda-tahu (accessed Aug. 21, 2021).

P. Studi and A. Politeknik, “Aplikasi Hidroponik NFT pada Budidaya Pakcoy ( Brassica rapa chinensis ) Application of NFT Hydroponic on Cultivation of Pakcoy ( Brassica rapa chinensis ) Sapto Wibowo dan Arum Asriyanti S,†vol. 13, no. 3, pp. 159–167.

“Cara Kerja Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) - Guyub Tani.†https://guyubtani.blogspot.com/2016/03/cara-kerja-hidroponik-nft-nutrient-film-tehnique.html (accessed Aug. 21, 2021).

“Mengenal NodeMCU: Pertemuan Pertama - embeddednesia.com.†https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/ (accessed Aug. 21, 2021).

Downloads

Published

2020-09-30

URN