Implementasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Resporatory Syncytial Virus (RSV) Pada Anak Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN)

Authors

  • Eko Dwi Shandi STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4643

Abstract

Rumah sakit adalah lembaga pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat yang pelayanannya disediakan oleh Dokter, perawat dan tenaga kerja ahli kesehatan lainnya. Seperti rumah sakit Ibu dan Anak Karya Jaya merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang dituntutuntuk mampu memberikan pelayanan yang bermutu, akuntabel, dan transparan terhadap pasien. Sehingga pasien dapat merasa aman dan nyaman setiap yang ingin berobat ataupun berkonsultasi pada rumah sakit ini.Maka dari itu diperlukanlah konsep sistem pakar yang memberikan solusi untuk menerapkan metode K-NN mendiagnosa penyakit Resporatory Syncytial Virus (RSV) pada anakberdasarkan kedekatan dari  gejala-gejala yang ada.sebuah aplikasi yang nantinya digunakan untuk mempermudah pengguna yang ingin berkonsultasimengenai penyakit Resporatory Syncytial Virus (RSV) pada anak dan juga dapat membantu perawat di rumah sakit ibu dan anak karya jaya.

Author Biographies

Eko Dwi Shandi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

B. H. Hayadi, “Visualisasi Konsep Umum Sistem Pakar Berbasis Multimedia,†Riau J. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2017.

S. Indah, A. Calam, B. Andika, and S. A. Kartini, “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Bibit Durian Unggul Pada,†vol. 17, no. 1, pp. 64–73, 2018.

M. Zainuddin, K. Hidjah, and I. W. Tunjung, “Penerapan Case Based Reasoning (CBR) Untuk Mendiagnosis Penyakit Stroke Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,†Citesee, pp. 21–26, 2016.

A. J. T, D. Yanosma, and K. Anggriani, “Implementasi Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Dan Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Anggota Paskibraka,†Pseudocode, vol. 3, no. 2, pp. 98–112, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.3.2.98-112.

H. Leidiyana, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Penentuan Resiko Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor,†J. Penelit. Ilmu Komputer, Syst. Embed. Log., vol. 1, no. 1, pp. 65–76, 2013.

Downloads

Published

2020-08-30

URN