IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISA DATA PENJUALAN BARANG SPAREPAERT MESIN DI PT. PANCA BUANA PLASINDO DENGAN MENGGUNAKAN METODE FP-GROWTH
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4639Abstract
PT. Panca Buana Plansindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan alat-alat spare part mesin. Pada dunia bisnis, seperti perusahaan dapat memanfaatkan database untuk menyimpan data transaksi penjualan. Data transaksi yang semakin lama akan semakin bertambah banyak, menjadi kendala bagi pelaku bisnis dalam mengelola data transaksi tersebut. Dalam masa pandemic ini, perusahaan mengalami penurunan penjualan.               Permsalahan tersebut membutuhkan sebuah metode yang nantinya dapat menghasilkan sebuah informasi ataupun analisa pola penjualan yang dapat membantu meningkatkan penjualan, yaitu dengan menggunakan Data Mining. Dalam Data Mining Terdapat beberapa algoritma yang dapat diterapkan, diantaranya adalah FP-Growth. FP-Growth adalah salah satu alternatif algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (freequent item set) dalam sekumpulan data               Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa pola pola pembelian dan lebih efisien maupun efektif dalam mengetahui strategi promosi demi meningkatkan pelayanan dan pemasaran produk.References
Santo Faskafri, “Bab 1 pendahuluan,†Pelayanan Kesehat., no. 2015, pp. 3–13, 2020.
I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.
K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.
Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018
A. E. Lubis, “Implementasi Data Mining Dalam Penjualan Sepeda Motor Suzuki Pada Sejahtera Motor,†Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–34, 2018.
S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu),†J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 130–138, 2017.