Sistem Pendukung Keputusan Dalam Rekrutmen Junior Programmer Di PT. Ie Internasional Menggunakan Metode ARAS

Authors

  • Disma Yanti STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Mochammad Iswan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4632

Abstract

Teknologi memiliki peranan penting dalam membantu proses pekerjaan disemua bidang untuk pengolahan data pada sebuah instansi atau perusahaan maupun individu, termasuk di dalamnya adalah proses pengolahan data berupa sistem pendukung keputusan pemilihan calon programmer PT. IE Internasional dengan menggunakan metode ARAS. Adapun standar kelayakan dalam pemilihan karyawan dan proses penyeleksian begitu ketat dan rumit dan mengakibatkan ketidaklayakan dalam rekrutmen junior programmer di PT. IE Internasional.Permsalahan tersebut dapat disarankan menggunakan keilmuan berupa sistem pendukung keputusan dan metode Aras yang dapat menyelesaikan masalah dalam menentukan rekrutmen junior programmer di PT. IE Internasional. Metode ARAS merupakan salah satu metode pengambilan keputusanmulti kriteria berdasarkan pada konsep perangkingan menggunakan utility degree yaitu dengan membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan alternatif optimal.Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa dan dapat hasil akhir dengan perangkingan dan dapat alternatif yang layak dalam rekrutmen junior programmer di PT. IE Internasional dengan cepat dan efisien.

Author Biographies

Disma Yanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mochammad Iswan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

L. C. L. Gaol and N. A. Hasibuan, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEAM LEADER SHIFT TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARAS STUDI KASUS PT. ANUGRAH BUSANA INDAH," Majalah Ilmiah INTI, vol. V, no. 2, pp. 101-106, 2018.

T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI TENAGA KERJA UNTUK SECURITY SERVICE MENGGUNAKAN METODE ARA," MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. II, no. 1, pp. 1-9, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

F.T. Waruwu, " Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V," Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 110~121, 2020.

Downloads

Published

2020-08-30

URN