Penerapan Data Mining Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pada Peserta Kursus Mengemudi Mobil "Karunia" Medan Menggunakan Metode K-Means Clustering

Authors

  • Novry Aldo Ompusunggu Stmik Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi Stmik Triguna Dharma
  • Ahmad Calam Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4629

Abstract

Kursus mengemudi mobil banyak digunakan masyakarat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menaiki mobil salah satunya Kursunya Karunia. Kursus Karunia memilki peserta banyak, maka demi menjaga kualitas dan kepuasan peserta. Dalam masalah tersebut, bimbingan belajar mengemudi, diharapkan dan dibutuhkan dengan kenyataan yang diterima oleh peserat. Karena masalah tersebut dari tingkat kepuasan peserta menjadi prioritas utama di bimbingan belajar mengemudi.       Permsalahan tersebut menggunakan data peserta untuk melakukan penelitian berdasarkan data kepuasan pembelajaran.  keilmuan yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah data mining untuk kasus menganalisa Peserta dalam mengukur tingkat kepuasan pada peserta kursus mengemudi mobil adalah metode K-Means dengan teknik  Clustering.        Hasil penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dalam menganalisa Peserta dalam mengukur tingkat kepuasan pada peserta kursus mengemudi mobil dengan menggunakan algoritma K-Means yang lebih efisien dan efektif Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Peserta

Author Biographies

Novry Aldo Ompusunggu, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia and P. Alam Jusia, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK CLUSTERING DATA PENDUDUK MISKIN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS".

S. Syahidatul Helma, R. R. Rustiyan, E. Normala, P. Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi, U. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, J. Soebrantas No and S. Baru, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," 2019.

F. Yunita, "PENERAPAN DATA MINING MENGGUNKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTRING PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS : UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI)," 2018.

A. A. Fajrin and A. Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. V, no. ISSN: 2406-7857, pp. 27-36, 2018.

Y. Kristyawan and L. P. Sumirat, "ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA GAGAL STUDI MENGGUNAKAN TEKNIK KLASIFIKASI," 2019.

Y. Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5," Jurnal Edik Informatika, vol. V, no. 2407-0491, pp. 213-219, 2018.

Downloads

Published

2020-07-30

URN