Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Outlet Sushi Tei Terbaik Menggunakan Metode Oreste

Authors

  • Syukur Hendrawan Mendrofa STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Tiguna Dharma
  • Nuryanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4595

Abstract

Sushi Tei merupakan salah satu brand yang dimiliki oleh PT. Sushi Indo Sukses Mandiri. Perusahaan ini bergerak di bidang food dan beverage in Japan. Shusi Tei memiliki banyak cabang atau outlet di kota Medan. Guna meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan penjualan, maka pihak PT. Sushi Indo Sukses Mandiri ingin mengetahui mana outlet Sushi Tei yang terbaik. Namun terkadang dalam penentuan outlet Sushi Tei terbaik sering terjadi kendala yaitu penentuannya yang masih manual tidak menggunakan sistem, sedangkan kriteria yang ada sangat banyak diantaranya seperti penjualan, pengeluaran outlet, penilaian audit bulanan, dan kreatifitas karyawan outlet.  Hal ini memperlambat kinerja perusahaan dalam menentukan outlet Sushi Tei terbaik. Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam penentuan outlet Shusi Tei terbaik. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah metode Oreste yaitu dengan cara memberikan bobot pada tiap-tiap alternatif pilihan yang ada. Sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar.

Author Biographies

Syukur Hendrawan Mendrofa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Tiguna Dharma

Sistem Informasi

Nuryanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informatika

References

Dahlia, et al, “Analisa Penentuan Outlet Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarcy process,†Jurnal Speed, vol. 10, no. 3, Okt. 2018.

Jurnal MH Teknologi Informatika dan Komputer Thamrin, Yahdi Kusnadi, and Muhammad Wildan Dwiyansyah, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Smkn 1 Ciomas Kabupaten Bogor," vol. 6, no. 1.

Widiarti Purwadi, Maya Rista, and Ahmad Calam, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste," Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 19, no. 1, pp. 110-121, 2020.

Fajar Israwan, "PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO (MOORA) DALAM PENENTUAN ASISTEN LABORATORIUM," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, 2019.

Nur Aeni Hidayah and Elvi Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta)," Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Nurmalasari and A A Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 48-55, 2018.

Ayu Cahyani Febryanti, Irfan Darmawan, and Rachmadita Andreswari, "PEMBOBOTAN KRITERIA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM) 1," 2016.

Ahmad Djunaedi, A ' Ang Subiyakto, and Elvi Fetrina, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus : PT. PLN (Persero Distribusi Jakarta Raya Area Pondok Gede))," Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 37-44, 2017.

Agustian Sinaga et al., "PEMILIHAN TOKO HANDPHONE TERBAIK DI KOTA PEMATANGSIANTAR MENGGUNAKAN METODE ORESTE," vol. 4, no. 2, pp. 145-152.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN