SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PEGAWAI PADA BANK BRI BAGAN BATU KOTA MENGGUNAKAN METODE VIKOR

Authors

  • Erwin Marhiras STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STNIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4577

Abstract

Di dalam dunia kerja, penilaian kinerja karyawan mempunyai peran penting. Hal ini berkaitan dengan keputusan yang akan diambil perusahaan, terkait kinerja dari karyawannya. Sama halnya dengan perusahaan lain, pada Bank BRI terdapat aspek-aspek penilaian yang menjadi dasar penilaian oleh pihak Bank BRI Pusat terdahap cabang-cabangnya salah satunya adalah penilaian premises yang terdiri dari peralatan banking hall, kenyamanan ruangan, kelengkapan toilet, dan fasilitas Automated Teller Machine (ATM). Pada setiap penilaian terdapat sub-sub penilaian yang kompleks, jumlah cabang yang banyak dan penilaian ini masih dilakukan menggunakan aplikasi pengolahan data standar Microsoft Office Excel sehingga membuat proses penilaian menjadi lambat dan kurang akurat                Permasalahan tersebut dapat diatasi dapat digunakan dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Dengan sistem pendukung keputusan , maka metode yang cocok yaitu metode VIKOR. VIKOR dapat menentukan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan, yaitu penilaian kelayakan dalam penilaian Pegawai. VIKOR dapat membantu para pengambil keputusan dalam melakukan perangkingan nilai masing-masing alternatif solusi                Hasil penelitian ini diterapkannya dapat hasil akhir perangkingan dan juga dapat alternatif yang layak dibentuk dalam penilaian Pegawai dan hasil akhir perangkingan dan juga dapat alternatif yang layak dibentuk dalam penilaian Pegawai.Kata Kunci: Penilaian, Pegawai, Sistem Pendukung Keputusan, Vikor

Author Biographies

Erwin Marhiras, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STNIK Triguna Dharma

Sitem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Management Informatika

References

I. Indriastuti, F. Santi Wahyuni and F. Ariwibisono, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Padi Di Jawa Timur Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution (TOPSIS) DAN WEIGHT PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," 2021.

J. and R. Nazli, "Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes," JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. I, no. 2, pp. 67 - 74, 2018.

Y. Perwira, "Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry)," Jurnal Matik Penusa, vol. III, no. 1, pp. 138-147, 2019.

C. Budihartanti, Y. N. Dewi, I. Purnamasari, P. Studi, S. Informasi, S. Tinggi,

M. Informatika, D. Komputer and N. Mandiri, "JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh)".

W.Yahyan, M.Siregar, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Benih Padi Unggul Berbasis Webmenggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)," MENARA Ilmu, vol. XIII, no. 11, pp. 61-68, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN