Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Rekomendsi Model Kebaya Kepada Pelanggan Rumah Jahit Kebaya Citra Dengan Metode Moora (Multive Objective Optimization By Ratio Analysis)

Authors

  • Mesrayanti Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.4573

Abstract

Rumah jahit kebaya citra adalah salah satu tempat penerimaan pesanan tempahan untuk menjahitkan baju wanita dalam bentuk kebaya. Baik itu ukuran anak - anak remaja dan dewasa, jenis - jenis kebaya diantaranya adalah kebaya wisuda, kebaya pesta, serta kebaya pengantin, kamisol dan sarung bentuk (rok). Permasalah yang sering terjadi yaitu banyak pelanggan bingung saat menentukan model kebaya yang akan dipakai.Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu menangani permasalahan yang terjadi yaitu dengan cara menerapkan ilmu Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Moora dalam menentuan rekomendasi model kebaya kepada pelanggan Rumah Jahit Kebaya Citra dan di implementasikan pada aplikasi berbasis desktop.Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu pihak Rumah Jahit Kebaya Citra Dalam Menentukan rekomendasi model kebaya kepada pelanggan Rumah Jahit Kebaya Citra.

Author Biographies

Mesrayanti Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Endang Wani Karyaningsih, “Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kebaya pada ibu-ibu dan remaja putri,†vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2015.

M. Mesran, S. D. A. Pardede, A. Harahap, and A. P. U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.595.

Fajar Israwan, “Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio ( Moora ) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium,†vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2019.

V. Chandra, P. Studi, D. Interior, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Interior Galeri Kebaya Indonesia di Surabaya,†vol. 2, no. 2, pp. 668–677, 2014.

N. Femininitas et al., “Volume 1 No. 1 Agustus 2015,†vol. 1, no. 1, pp. 52–59, 2015.

T. Stephanie and R. Suhartini, “FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KEBAYA,†vol. 10, no. 2013, pp. 184–191, 2021.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “Analisis Perhitungan Metode Moora Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan

Downloads

Published

2022-07-20

URN