IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PADA KANTOR CAMAT PANCUR BATU

Authors

  • Mario Fernando Sinulingga Sistem Informasi
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4543

Abstract

Kantor Camat Pancur Batu terletak di Jl. Jamin Ginting, Tengah, Kec. Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, merupakan kantor camat yang peduli akan masyarakatnya, ditiap jam kerja staff kantor camat selalu melayani masyarakan dengan baik, oleh karena itu dalam peningkatan pelayanan dari hari ke hari, maka perlu adanya sebuah evaluasi akan pelayanan yang telah mereka berikan kepada masyarakat, agar dapat ditingkatkan lagi untuk kedepannya.Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dari itu dibutuhkanlah sebuah sistem yang mampu untuk mencari sebuah kesimpulan dalam menentuan kepuasan dan kinerja dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sistem yang tepat dan dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Fuzzy Tsukamoto yang dapat membantu pihak Kantor Camat Pancur Batu dalam menentukan kepuasan dan kinerja dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat

Author Biographies

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

V. Yanti Azwar e A. Setya Putra, “ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD DR. ACHMAD DARWIS,†2018.

H. Tumanggor, M. Haloho, P. Ramadhani e S. Darma Nasution, “Penerapan Metode VIKOR Dalam Penentuan Penerima Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni,†JURIKOM), vol. 5, nº 1, pp. 71-78, 2018.

Edo, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PADA PT BANK CENTRAL ASIA Tbk. (BCA) MENGGUNAKAN METODE ANALITYC HEARARCHY PROCESS,†JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO, vol. 1, nº 1, 2014.

S. Husna e A. Syukri, “PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP PADA KUALITAS PELAYANAN TRANS JOGJA,†Teknik Industr, vol. 13, nº 2, pp. 103-111, 2014.

K. M. Herdiastuti, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI ROTI,†TikomSin, vol. 1, nº 1, 2018.

Faisal, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN YANG TERFAVORIT DENGAN MENGGUNAKAN MULTI-CRITERIA DECISION MAKING,†Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 2, nº 1, pp. 11-19, 2015.

Downloads

Published

2021-09-30

URN