Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemasangan Wifi Indihome Pada PT. Telkom Akses Medan Dengan Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index)

Authors

  • Juna Feronika Sinaga Stmik Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan Stmik Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4534

Abstract

PT. Telkom Akses. PT. Telkom Akses mempunyai kendalala dalam menentukan pemasangan WIFI. Dengan pemasangan wifi yang nyaman yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berinternet dengan kecepatan tinggi dan peluang usaha dengan membayarkan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, dalam menentukan lokasi pemasangan wifi ini diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Dengan tujuan agar wifi yang terpasang bisa memberikan manfaat yang maksimal, maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak teknksi pemasangan wifi dalam menentukan lokasi pemasangan wifi tersebut.        Permasalahan tersebut untuk menentukan pemasangan WIFI yang layak dipasang dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode Preference Selection Index (PSI). Penggunaan metode PSI merupakan metode yang digunakan untuk memecahkan multi-kriteria pengambilan keputusan (MCDM) dan hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan minimal dan sederhana sesuai konsep statistiknamun tanpa keharusan pembobotan kriteria. Sebagai hasilnya, keluaran hasil inferensi pada setiap aturan didefinisikan sebagai nilai yang tegas (crips) berdasarkan kuat penyulutan aturan.       Hasil pengujian didapatkan membantu petugas bagian pemasangan WIFI agar dapat bekerja dalam pemasangan ke daerah-daerah  dan menghasilkan akurasi yang diharapkan dapat membantu petugas PT. Telkom Akses untuk menentukan pemasangan WIFI.       Kata Kunci: PSI, Sistem Pendukung Keputusan, Wifi. 

Author Biographies

Juna Feronika Sinaga, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. Manurung and R. , "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN MITRA JASA PENGIRIMAN BARANG TERBAIK DI KOTA KISARAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. Vol. V No. 2, no. 2550-0201, pp. 133-138, 2019.

Mesran, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode PSI," MEDIA Informatika Budidarma, vol. Vol 2, no. ISSN 2548-8368 , pp. 16-22, 2018.

R. F. Sinaga, "PENENTUAN PENERIMA KIP DENGAN MENGGUNAKAN METODE PSI PADA SD NEGERI 124395 PEMATANGSIANTAR," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. Volume 2, no. ISSN 2597-4610, pp. 278-285, 2018 .

C. Fadlan, A.Windarto, I.Damanik, " Penerapan Metode PSI pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai (Kasus: Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela)," Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol.III , no. 2, pp. 42-46, 2019.

R. A. Kasengkang, S. Nangoy and J. Sumarauw, "Analisis Logistik (Studi Kasus Pada PT. Remenia Satori Tepas-Kota Manado)," Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. XVI, no. 1, pp. 750-759, 2016.

A. Khamdan, "Partnership Program System Trought Si Bule Albino Institutional Business By Mine Firm In Binuang District Kab. Tapin," Jurnal Adbispreneu, vol. 1, no. 1, pp. 73-84, 2016.

Downloads

Published

2021-09-30

URN