Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan Data Siswa Yang Berkualitas Dalam Keterampilan Dengan Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Petrus Endy Stmik Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria Stmik Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4517

Abstract

Kecerdasan kognitif (IQ) yang dulunya menjadi tolak ukur utama dalam menilai kecerdasan seseorang tidak cukup untuk membuat manusia meraih prestasi yang tinggi. Kemampuan lain yang disebutkan di atas, selain kecerdasan IQ, ternyata dapat membuat orang lebih mampu menata diri dan dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk itu SMK Negeri 1 Beringin membutuhkan suatu sistem yang dapat menganalisa siswa yang berprestasi berdasarkan indikator penilaian guru maupun wali kelas.                 Permsalahan tersebut dapat diatasi dengan menganalisa nilai kemampuan dan keterampilan pada siswa SMK Negeri 1 Beringin dapat menggunakan keilmuan Data Mining. Algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus dalam mengelompokkan data siswa yang berkualitas dalam keterampilan pada siswa adalah K-Means. Penerapan algoritma digunakan dalam berbagai pengelompokan data untuk meningkat mutu sekolah dalam mengelompokkan data siswa yang berkualitas yang lebih mudah dan efesien.                Hasil penelitian ini bermanfaat bagi sekolah dalam mengelompokkan data siswa yang berkualitas dalam keterampilan pada siswa dengan konsep keilmuan Data Mining dengan cepat dan akurat. Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Keterampilan, Nilai, Siswa, Sekolah.

Author Biographies

Petrus Endy, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

S. S. Helma, M. R. R. R and E. Normala, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI, vol. I, no. 1, pp. 131-137, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal SISTEMASI, pp. 238-249, 2018.

M.Baedi " PENGELOLAAN KELAS UNGGULAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMAâ€, Lembaran Ilmu Kependidikan, 2013.

G.Napitupuli, "Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Jurnal Riset Informatikaâ€, 2019.

P. Winasis, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Mall Cpm Jakartaâ€, 2019.

Downloads

Published

2021-09-30

URN