Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Matha Matha Beauty Salon Dengan Menggunakan Metode Vikor

Authors

  • Pitri Yanti Sormin Stmik Triguna Dharma
  • Marsono Marsono Stmik Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4515

Abstract

Pesta pernikahan merupakan acara puncak dari suatu pernikahan. Pesta pernikahan yang dikonsep secara baik akan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi calon pengantin maupun tamu undangan. Namun, calon pengantin tak mudah dalam mempersiapkan acara pesta pernikahan. Beauty Salon meyediakan pemilihan paket salon pernikahan pada pelanggan dengan kebutuhan yang diinginkan. Namun pada kenyataaannya pelanggan terkadang tidak cocok dengan pilihannya berdasarkan biaya dan kebutuhan.                Permsalahan tersebut dapat diselesaikan  dengan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang mampu dan teruji dalam membantu pengambilan keputusan untuk pemilihan paket salon pernikahan pada pelanggan Beauty Salon. Untuk menghasilkan sebuah keputusan yang tepat, maka dibutuhkan suatu metode yang sesuai dengan kondisi data yang akan diolah.Diantara metode – metode sistem pendukung keputusan, maka metode VIKOR yang dapat menyelesaikan masalah dalam pemilihan paket salon pernikahan.                Hasil penelitian ini mempermudah pihak salom maupun dengan pelanggan  yang layak dalam pemilihan paket salon pernikahan pada pelanggan Beauty Salon dengan cepat dan akurat. Kata Kunci: Pelanggan, Pernikahan,Salon, Sistem Pendukung Keputusan, Vikor.

Author Biographies

Pitri Yanti Sormin, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

R. P. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. Volume 3 No.2, no. 2443-2555 , pp. 122-128, 2017.

N. Ainun, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perpanjangan Kontrak Karyawan Berdasarkan Penilaian Kinerja Pada Pt. Indomas Makmur Jaya Menggunakan Metode Vikor," Jurnal Pelita Informatika, vol. VIII, no. 1, pp. 63-37, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2021-09-30

URN