Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Terhadap Sikap Pelayanan Caroline Officer Dengan Menggunakan Metode Algoritma K-Means Clustering

Authors

  • fransiska elisna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Zunaidi STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Kamil Erwansyah STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.451

Abstract

PT. Telkomsel, Tbk merupakan sebuah perusahaan berskala nasional yang bergerak dibidang telekomunikasi. Perusahaan menyadari akan pentingnya hubungan antara pelanggan yang loyal dengan keberhasilan bisnis. Pelanggan yang memiliki karakteristik berbeda-beda dan dengan selera yang berbeda, menuntut perusahaan ini harus mampu menjaga kepuasan para pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang tergolong banyak dan terus meningkat mengakibatkan PT. Telkomsel, Tbk kesulitan untuk menganalisa tingkat kepuasan pelanggan. Penggunaan metode manual atau tradisional untuk melakukan analisa data pelanggan dari data rekapitulasi data yang banyak tentunya menyulitkan perusahaan. Dengan volume data yang berkembang, baik dari jumlah record dan jumlah field. Hal ini dapat mengakibatkan PT. Telkomsel, Tbk kehilangan pelanggan potensial dan merugikan perusahaan.Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem terkomputerisasi yang dapat menggali informasi baru dari tumpukan data-data lama, yaitu dengan menggunakan Data Mining. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah clustering. Pada penelitian ini akan dibahas teknik clustering yang diterapkan untuk menganalisa data kepuasan pelanggan terutama hal yang berkaitan dengan pelayanan Caroline Officer. Teknik clustering yang akan digunakan adalah algoritma K-Means Clustering.Kesimpulan yang diperoleh yaitu dengan menggunakan data mining algoritma K-Means Clustering dapat membantu perusahaan dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Sehingga aplikasi data mining yang dibangun dapat langsung digunakan oleh perusahaan dan dapat dirasakan manfaatnya.

References

Ngatmo and T. Bodroastuti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT . Sido Muncul Semarang The Factors Influence Customer Satisfaction at Sido Muncul Semarang,†Kaji. Akunt. Dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–25, 2012.

W. Choiriah, “Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor ( Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ),†J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 7, no. 1, pp. 44–52, 2016.

S. T. Siska, “Analisa Dan Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Kubikasi Air Terjual Berdasarkan Pengelompokan Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,†Tehnol. Inf. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 86–93, 2016.

E. Iswandy, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada Cv. Vertical Cipta Relasi Padang Dengan Metode Centralized Data Processing,†J. TEKNOIF, vol. 4, no. Oktober, p. 14, 2016.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-30

URN