Sistem Pendukung Keputusan Dalam Rekomendasi Sertifikasi Guru Smk Raksana 2 Medan Menggunakan Metode Vikor

Penulis

  • Ajrawih Ajrawih STMIK Triguna Dharma
  • Nurchayo Budi Nugroho Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4509

Abstrak

SMK Raksana 2 Medan memiliki siswa lebih dari 500 siswa-siswi dan lebih dari 30 guru mengajar baik yang belum bersertifikasi maupun yang sudah bersertifikasi. Oleh sebab itu unit guru SMK Raksana 2 Medan, menarget guru yang berkompeten dan bersertifiksi dari pemerintah, agar akreditas sekolah bagus. Sekolah SMK Raksana 2 Medan mengalami kendala dalam penentua rekomedansi guru yang  diberikan sertifikasi guru dengan penyeleksian yang begitu rumit dan dari sekian banyak program sertifikasi guru dengan kriteria yang berbeda-beda.                Permasalahan tersebut untuk  membantu sekolah dalam rekomendasi sertifikasi guru tersebut diperlukan sebuah keilmuan yang layak  mampu dan teruji dalam mengambil keputusan yaitu sistem pendukung keputusan. Metode sistem pendukung keputusan yang dapat memecahkan masalah tersebut adalah VIKOR. Metode VIKOR menentukan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. Salah satu proses dalam metode VIKOR adalah melakukan pembobotan kriteria.                Hasil penelitian ini bagi sekolah dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam rekomendasi sertifikasi guru, agar efisien dan efektif .

Biografi Penulis

Ajrawih Ajrawih, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurchayo Budi Nugroho Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

R. P. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. Volume 3 No.2, no. 2443-2555 , pp. 122-128, 2017.

N. Ainun, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perpanjangan Kontrak Karyawan Berdasarkan Penilaian Kinerja Pada Pt. Indomas Makmur Jaya Menggunakan Metode Vikor," Jurnal Pelita Informatika, vol. VIII, no. 1, pp. 63-37, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN