Sistem Pendukung Keputusan Dalam Kelayakan Perkreditan Pada PT.BPR Mitradana Madani Medan Dengan Menggunakan Metode Promethee

Authors

  • mawarni lumbantoruan STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4508

Abstract

PT.BPR Mitradana Madani Medan yang berada di jln sei kambing kota medan. Merupakan salah satu tempat yang menyediakan atau menyelengaraan upaya dalam perkreditan. Disamping itu PT.BPR Mitradana Madani Medan memiliki keluhan dalam setiap menetukan kelayakan perkreditan. Sehingga timbulnya, ketidak hati-hatian dalam memilih nasabah dan adanya resiko yang ditangggung oleh pihak PT.BPR adalah kemacetan dalam setiap penagihan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada PT.BPR Mitradana Madani Medan maka dengan adanya sistem pendukung keputusan, dalam menetukan kelayakan perkreditan dapat membantu para analis atau pihak bank dalam memilih nasabah yang layak menerima perkreditan. Metode yang dipakai adalah metode promethee karena metode ini merupakan suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria dimana masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan, dan kestabilan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa apalikasi sistem pendukung keputusan dengan metode promethee dalam menetukan kelayakan perkreditan sehingga  berhasil tidak menimbulkan kemacetan dalam penagihan setiap tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak PT.BPR Mitradana Madani Medan

Author Biographies

mawarni lumbantoruan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ismawardi Santoso, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Marbun, “Implementasi Sistem Pengamanan Data Barang Pada Pt . Matahari Putra Prima, Tbk,†J. Mantik Penusa, vol. 18, no. 2, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/128.

S. A. Peranginangin, “Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan Tahun 2017,†J. Berk. Kesehat., vol. 3, no. 2, p. 78, 2018, doi: 10.20527/jbk.v3i2.5072.

N. A. H. Lia Ciky Lumban Gaol, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEAM LEADER SHIFT TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARAS STUDI KASUS PT. ANUGRAH BUSANA INDAH Lia,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 13, no. 1, pp. 16–21, 2018.

D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon, and I. Gunawan, “Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4,†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, p. 114, 2020, doi: 10.30865/json.v1i2.1745.

N. N. D. Wiryaningsih, N. L. G. E. Sulindawati, and M. A. Prayudi, “Analisis Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Bangli,†e-Journal S1 Ak Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 8, no. Transisi dari Kas Basis ke Akrual Basis, p. 12, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/.

S. Huda, Khoirul, & Hasbi, Muhammad, & Siswanti, “Dengan Metode Promethee Bebasis Web,†pp. 1–6.

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,†J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

Downloads

Published

2019-01-30

URN