Sistem Pendukung Keputusan Optimasi biaya pengiriman barang dengan menggunakan Metode Fuzzy Mamdani pada PT. SATRIA ANTARAN PRIMA

Authors

  • Ayu Ratna Sari STMIK Triguna Darma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4507

Abstract

PT SAP Express merupakan perusahaan pelopor kurir berbasis android di Indonesia. Sejak beroperasi pada tahun 2014 semua proses bisnis PT SAP Express telah menggunakan sistem teknologi yang terintegrasi. Semua proses pengiriman dapat dipantau secara real time, aman dan tepat waktu. Adapun kendala yang dihadapi perusahaan dalam mengestimasi biaya pengiriman berdasarkan jarak, waktu dan berat barang yang tidak tepat dalam menentukan biaya. Permsalahan tersebut dapat diatasi diperlukan sebuah pengambilan keputusan dalam menentukan biaya pengiriman yaitu sistem pendukung keputusan. Hal ini dapat diketahui dengan masalah mengestimasi biaya, salah satunya metode yang digunakna yaitu Fuzzy Mamdani. Metode Fuzzy Mamdani dalam pengembangan sistem ke depan diharapkan dapat menggunakan metode – metode lain yang telah mengalami pengembangan dari metode – metode terdahulu dan metode yang lebih akurat Hasil penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dan menghasilkan hasil yang lebih akurat dalam mengestimasi biaya pengiriman.Kata Kunci: Fuzzy Mamdani, Harga, Sistem Pendukung Keputusan 

Author Biographies

Ayu Ratna Sari, STMIK Triguna Darma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasiSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI BIAYA PENGIRIMAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI PADA PT.SATRRIA ANTARAN PRIMA

References

K. Umam, V. E. Sulastri, T. Andini, D. U. Sutiksno and M. , "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 43-49, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa," Jurnak Komputer, vol. I, no. 2, pp. 61-69, 2018.

m. Abrori and . A. h. prihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," Kaunia, vol. XI, no. 2, p. 91 – 99, 2015.

I. K.E Raga Djara, T. Widiastuti and D. M. Sihotang, "Penerapan Logika Fuzzy Menggunakan Metode Mamdani Dalam Optimasi Permintaan Obat," J-ICON, vol. VII, no. 2, p. 157~161, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN