Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Morbili Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Ronaldo Damanik STMIK Triguna Dharma Medan
  • zulfian azmi STMIK Triguna Dharma Medan
  • masyuni hutasuhut STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.4502

Abstract

ABSTRAKSistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. Pakar adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan, pengalaman, dan metode khusus, serta mampu menerapkanya untuk memecahkan masalah atau memberi nasihat. Bagaimana cara menentukan jenis penyakit Morbili dengan menggunakan metode yang ada pada sistem pakar, diantaranya dengan menggunakan Metode Dempster Shafer (DS). Metode ini dipilih ketika dalam menghadapi suatu masalah, sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian penuh. Untuk mengakomodasi hal ini maka digunakan Dempster Shafer (DS) guna menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah penyakit yang sedang dihadapi. Ketidakpastian ini bisa berupa probabilitas yang tergantung dari hasil suatu kejadian. Untuk menjalankan sistem pakar menggunakan program Visual basic.net 2010 dan laporan menggunakan SAP Crystal Report. Perancangan sistem pakar sangat penting dilakukan untuk mendiagnosis penyakit Morbili yang kerap terjadi dilingkungan masyarakat dengan melihat ciri-ciri atau gejala yang dirasakan dengan menggunakan Metode Dempster Shafer (DS) berguna untuk memudahkan dalam mendiagnosa apakah benar mengidap penyakit Morbili berdasarkan gejala, dan sekaligus mengetahui jenis penyakit Morbili yang diderita.  Kata kunci : Sistem Pakar, Morbili, Dempster Shafer (DS)

Author Biographies

Ronaldo Damanik, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

zulfian azmi, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

masyuni hutasuhut, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

Husnul Khotimah, “Khotimah,2015,†Hub. Antara Usia, Status Gizi, Dan Status Imunisasi Dengan Kejadian Campak Balita, pp. 23–32, 2015, [Online]. Available: https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/OBS/article/view/118.

S. A. Amourisva et al., “Penatalaksanaan Penyakit Morbili pada Anak Perempuan Usia 3 Tahun dengan Pendekatan Kedokteran Keluarga di Kecamatan Teluk Betung Timur Morbili Disease Management on Children 3 Years 8 Months Through Family Medicine Approach in East Teluk Betung Campak di,†vol. 8, no. April, pp. 20–24, 2018.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.16.

S. Dipta Nugraha, “Morbili Pada Anak Dalam Pengobatan Anti Retro Viral (Arv),†Intisari Sains Medis, vol. 4, no. 1, p. 1, 2015, doi: 10.15562/ism.v4i1.43.

T. S. Liwu, N. H. Rampengan, and S. N. N. Tatura, “Hubungan Status Gizi Dengan Berat Ringannya Campak Pada Anak,†e-CliniC, vol. 4, no. 1, 2016, doi: 10.35790/ecl.4.1.2016.10961.

D. Shafer, “Website Analisa Gangguan Belajar pada Anak dengan Metode,†vol. 17, no. 2, pp. 218–227, 2018.

E. Wahyuni and W. Prijodiprojo, “Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer (Studi Kasus: RS. PKU Muhammadiyah YOGYAKARTA),†Berk. Ilm. MIPA, vol. 23, no. 2, p. 242752, 2015.

Downloads

Published

2019-03-29

Issue

Section

Articles

URN