Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Target Penjualan Pakaian Dirumah UIS Dengan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Indah Pratiwi STIMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4484

Abstract

Center Servis merupakan toko jasa layanan servis handphone dan menjual sparepart Handphone yang dijual. Center Servis memilik pelanggan pengguna HP untuk memperbaiki kerusakan - kerusakan yang terjadi dalam mesini, lcd maupun pada sistem operasinya. Akan tetapi, hanya sedikit dari orang yang memakai handphone yang peka akan gejala – gejala kerusakan pada handphone, seperti kerusakan IC Power, LCD, memori, keypad, speaker, Bluetooth dan lain - lain sehingga kebanyakan orang tidak sadar dan cuek akan gejala kerusakan tersebut hingga handphone tersebut benar - benar mati terutama keruskan Handphone Vivo. Dalam permasalahan tersebut maka membutuhkan suatu sistem yang dapat mendapat mendeteksi kerusakan dan sistem yang dapat mendeteksi kerusakan adalah sistem pakar. kerusakan yang terjadi pada subsistem serta perawatan apa yang seharusnya dilakukan agar  aktivitas orang menggunakan Handphone   dengan lancer dengan menggunakan  sistem pakar dengan metode certainty factor. Hasil metode ini dapat mendeteksi kerusakan setelah dilihat dari hasil perhitungan bobot dan semua gejala - gejala diinputkan, dihitung dengan menggunakan certainty factor.     Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Handphone    

Author Biographies

Indah Pratiwi, STIMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Ekonomi asuransi

References

Riyadi, L., & Samsudin, S. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jambu Berbasis Desktop Menggunakan Metode Forward Dan Backword Chaining. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, Vol.5, No.3, pp. 29-35.

Suryana, M. F., Fauziah, F., & Sari, R. T. K. (2020). Implementasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty factor Untuk Mendiagnosa Dini Corona Virus Desease (COVID-19).

Hasibuan, N. A., Sunandar, H., Alas, S., & Suginam, S. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), Vol. 2, No.1,pp. 29-39.

Romalasari, A., Susanto, S., Melati, M., & Junaedi, A.. “Perbaikan Kualitas Buah Jambu Biji (Psidium guajava L.) Kultivar Kristal dengan Berbagai Warna dan Bahan Pemberongsong†Jurnal Hortikultura Indonesia, Vol. 8, No. 3, Desember 2017,pp. 155-161.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Downloads

Published

2019-03-02

URN