Penerapan Data Mining Untuk Mengelompokkan Pasien Pada Puskesmas Ngkeran Kutacane Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

Authors

  • Aliman Darsani STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma
  • Mhd. Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4479

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu instansi kesehatan yang berada ditingkat kecamatan, termasuk Puskesmas Ngkeran Kutacane yang berada di kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien tersebut, maka bertambah pula data pasien pada setiap harinya, sehingga dari data yang banyak tersebut tidak dapat dipelajari lebih lanjut dan data tersebut hanya digunakan sebagai arsip saja. Namun pihak puskesmas belum mengetahui cara atau metode yang digunakan untuk mengelompokkan data pasien tersebut. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat menggunakan aplikasi data mining, yaitu dengan memanfaatkan data yang ada untuk menggali informasi baru. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah clustering. Clustering dipilih karena dapat mengelompokkan data-data sesuai dengan karakteristik yang diinginkan, dalam penelitian ini berarti mengelompokkan data pasien di Puskesmas Ngkeran Kutacane. Adapun algoritma clustering yang digunakan adalah K-Means Clustering diintegrasikan pada aplikasi pemrograman berbasis dekstop. Kesimpulan yang diperoleh yaitu sistem yang dirancang telah terbukti berhasil mengelompokkan data pasien menjadi 3 cluster (kelompok). Cluster 1  terdiri dari 20 data pasien, cluster 2 terdiri dari 13 data pasien dan cluster 3 yang merupakan cluster terbanyak terdiri dari 45 data..

Author Biographies

Aliman Darsani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mhd. Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

C. A. Sugianto, A. H. Rahayu, and A. Gusman, “Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Cigugur Tengah,†no. August, 2020, doi: 10.47292/joint.v2i2.30

Wirdah Choiriah, “Penggunaan Algoritma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kesetiaan Konsumen (Brand Loyality) Terhadap Merek Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai),†no. Februari, 2016.

Baginda Harahap, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Menentukan Bahan Bangunan Laris (Studi Kasus Pada UD. Toko Bangunan YD Indarung),†2019.

E. Iswandy, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada Cv. Vertical Cipta Relasi Padang Dengan Metode Centralized Data Processing,†J. TEKNOIF, vol. 4, no. Oktober, p. 14, 2016.

Downloads

Published

2021-09-30

URN