Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Paket Promosi Pada PT. Nusa Wisata Trans Menggunakan Algoritma Aproiri

Authors

  • Saiman Japar Gultom STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4475

Abstract

PT. Nusa Wisata Trans merupakan perusahaan bergerak dalam penyedian transportasi pada bus parawisata yang tunjuan keberangkatan antar provinsi ataupun kota.  Dimasa pandemic covid 19, telah mengalami penurunan peningkatkan penumpang, diknedalakan pembatasan orang luar masuk ke daerah lain demi mencegah terjadinya penyebaran covid 19 dan persaingan dengan perusahaan lain dengan promosinya.Dari permasalah tersebut, maka perusahaan membutuhkan sistem yang menganalisa paket promosi yang membantu perusahaan dan keilmuan yang digunakan  adalah data mining proses penggalian data secara mendalam untuk mengetahui hal yang berarti dan tidak diketahui keberadaanya dan data mining digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, maka salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam menganalisa pola transaksi pemesanan tiket  bus dengan menggunakan algoritma Apriori.Algoritma Apriori dapat menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data dan hasil proses dibuat dapat dikembangkan dengan aplikasi berbasis desktop untuk memecahkan permasalah dalam menganalisa strategi promosi.

Author Biographies

Saiman Japar Gultom, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, STMIK Triguna Dharma

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2021-09-30

URN