Implementasi Metode ARAS (Additive Ratio Assessment) Dalam Menentukan Cake Terlaris Pada Moris Bakery

Authors

  • Sheila Chorry Simatupang STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4356

Abstract

Cake merupakan makanan ringan yang disukai banyak orang. Cake biasanya memiliki rasa manis, asin, dan ada pula yang gurih. Cake ada yang berbahan dasar tepung terigu, tepung beras atau bahan lainnya. Biasanya Cake disediakan pada acara ulang tahun, acara syukuran, acara pernikahan dan acara lainnya. Moris Bakery adalah Toko Cake yang berada di Menteng VII, Medan Denai. Moris Bakery merupakan tempat yang banyak diminati oleh konsumen sekitar daerah menteng sebagai tempat untuk membeli Cake. Di dalam Moris Bakery tersedia berbagai macam jenis Cake dengan rasa dan keunikan yang berbeda-beda. Moris Bakery juga memiliki Kualitas rasa yang enak dan memiliki harga yang terjangkau. dalam hal ini diperlukan konsep pengambilan keputusan dalam menentukan Cake terlaris. Maka dari itu diperlukanlah konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang bersifat perengkingan. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem yang dapat membantu pengambilan keputusan di dalam situasi yang semiterstruktur dan tidak terstruktur, sehingga dapat membantu pihak dari Moris Bakery dalam menentukan Cake terlaris. Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode ARAS yang dapat digunakan untuk menentukan Cake terlaris. 

Author Biographies

Sheila Chorry Simatupang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ismawardi Santoso, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J.T. Informatika, S. Informasi, and I.Komputer ," CAHAYA tech, " Vol.8, no. 2 , 2019.

N. A. H. Lia Ciky Lumban Gaol, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEAM LEADER SHIFT TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARAS STUDI KASUS PT. ANUGRAH BUSANA INDAH Lia,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 13, no. 1, pp. 16–21, 2018.

S. Marsela, E. W. Fridayanthie, M. Safitri, and F. Faridi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Oli Mesin Yamaha Mio,†J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, pp. 113–120, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i2.6478.

P. Atribut, P. Terhadap, L. Pelanggan, G. Product, S. Motor, and H. Injection, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection,†Manag. Anal. J., vol. 1, no. 2, 2012, doi: 10.15294/maj.v1i2.1344.

R. Turaina and C. Gustia E, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Calon Tenaga Honorer Di Sma N 1 Junjung Sirih Kab. Solok Menggunakan Metode Multifaktor Evaluasi Proses (Mfep),†J. Momentum, vol. 18, no. 2, pp. 6

Downloads

Published

2021-08-30

URN