Penerapan Metode Oreste (Organization Rangement Et Synthese De Do Donnes Relationalles) dalam Penentuan Kualitas Kayu Layak Produksi Pada PT.Suryamas

Desy Ayunda Putri, Yopi Hendro Syahputra, Muhammad Syaifuddin

Abstract


Kayu merupakan elemen utama yang sangat menentukan kualitas suatu produk meubel atau kerajinan kayu yang lain. Meubel pada mulanya merupakan industri kerajinan furniture dan ukiran-ukiran kayu. Sehingga produk furniture yang dihasilkan lebih menonjolkan aspek seni(ukiran). Kurangnya pengetahuan perusahaan dibidang industri ini mengakibatkan terjadi kesulitan dalam menentukan keputusan memilih kayu untuk dijadikan bahan kerajinan meubel yang bagus dan berkualitas, padahal untuk menentukan sebuah kayu layak atau tidaknya sebagai bahan meubel diperlukan perhitungan yang sistematis dan akurat agar diperoleh pengambilan keputusan yang tepat.Pengembangan perangkat lunak sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Oreste ini menggunakan parameter kualitas kelayakan kayu yang terdiri dari 4 kriteria, yaitu kualitas, harga, umur pemakaian kayu, Diameter Kayu. Setelah mengetahui parameter, langkah selanjutnya adalah menganalisis kebutuhan system, merekayasa pengetahuan, perancangan sistem dan perancangan dialog yang tediri dari perancangan menu dan perancangan form.  Hasil penelitian ini adalah sebuah program aplikasi berbasis Web, sistem pendukung keputusan penentuan kualitas kayu terbaik pada PT.Suryamas menggunakan metode Oreste. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem dapat digunakan bagi manager dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan.


Full Text:

PDF

References


J. E. M, D. Andreswari, and K. Anggriani, “Pemilihan Jenis Kayu Untuk Mebel Dengan Metode Weighted Product ( Wp ) & Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution ( Topsis ),” J. Rekursif, vol. 4, no. 3, pp. 301–310, 2016.

R. Affairs et al., “No Titleبیبیب,” ثبثبثب, vol. ث ققثق, no. April, p. ثقثقثقثق, 2018, [Online]. Available: papers2://publication/uuid/512EBCE8-D635-4348-A67D-22DD52988F4C.

R. E. Sari, “Pemilihan Alternatif Kualitas Terbaik Kayu untuk Kerajinan Meubel dengan Metode TOPSIS,” Semin. Nas. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 211–216, 2015.

A. Bahanawan et al., “Hubungan sifat berat jenis dengan sifat higroskopisitas melalui pendekatan nilai rerata kehilangan air,” pp. 1–8, 2020.

A. Sinaga et al., “Pemilihan Toko Handphone Terbaik Di Kota Pematangsiantar Menggunakan Metode Oreste,” semanTIK, vol. 4, no. 2, pp. 145–152, 2018.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.43444

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]