IMPLEMENTASI METODE ADDITIVE RATIO ASSESMENT (ARAS) DALAM MENENTUKAN SURVEYOR TERBAIK PADA PT. INDOMARCO PRISTAMA

Authors

  • Tiara Oktaviani Pratama STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.4326

Abstract

Surveyor yang memiliki kriteria yang memenuhi syarat yang telah ditentukan akan menerima penghargaan sebagai surveyor terbaik atau best performance surveyor di perusahaan. Seperti halnya yang terjadi pada PT. Indomarco Pristama dalam menentukan surveyor terbaik. Namun penentuan surveyor terbaik dilakukan tidak hanya dengan cara penunjukan langsung oleh management dan tidak dengan cara penilaian secara subyektif, akan tetapi sebuah perusahaan harus melakukan penilaian kinerja surveyor dalam periode tertentu, dan tentunya akan ada sebuah penghargaan atas keberhasilan yang telah dicapai oleh karyawannya. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang handal, yaitu dengan menggunakan metode ARAS. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang akan dibuat. Pemilihan surveyor terbaik biasanya berdasarkan berbagai macam kriteria tidak hanya melihat dari segi kepribadian saja akan tetapi dari berbagai kriteria lain yang sangat berpengaruh dalam proses pemilihan dan lain-lain. Jika saja surveyor yang akan dipilih sudah sesuai dengan keinginan, maka sudah tentu penilaian surveyor tersebut akan menjadi pendukung keputusan yang baik.Hasil dari penerepan metode ARAS ini dapat menghasilkan urutan alternatif surveyor yang tepat bagi pihak PT. Indomarco Pristama dalam memilih surveyor terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan kriteria.

Author Biographies

Tiara Oktaviani Pratama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Haryani and Dina Fitriani, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada Collection PT. Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching," Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, Juni 2019.

Sri Wardani et al., "ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA," 2018.

Anas, â€Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, vol. 4, no.1, 2019.

Ernawati, Nur Aeni Hidayah, and Elvi Fetrina, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching, (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),†Jurnal Sistem Informasi, 2017.

Abdul Halim Hasugian and Hendra Cipta, "Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

Syahrul Suci Romadhon, "Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter Pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta," Jln. Salemba I No. 10 Jakarta Pusat 10430 Indonesia, vol. 3, no.1, Feb. 2019.

Rini Asmara, S.Kom. M.Kom, “Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman,†Jurna J-Clik, vol. 3, no. 2, Des. 2016.

Eka Iswandy, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur,†Jurnal TEKNOIF, vol. 3, no. 2, Okt. 2017.

Rezqiwati Ishak, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA TELADAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT," Jurnal Ilmiah ILKOM, vol. 8, no. 3, 2016.

Adi Widarma, Hana Kumala, Jl Jend Ahmad, Yani Kisaran, and Sumatera Utara, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai)," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 2018.

R Darmanto, L Lambey, and S Tangkuman, "THE ROLE OF MANAGEMENT ACCOUNTING INFORMATION REGARDING DECISION MAKING OF FIXED ASSET INVESTMENT IN PT ANUGERAH TRIKARYA LESTARI," Peranan Informasi Akuntansi…. 215 Jurnal EMBA, vol. 5, no. 1, pp. 215-224, 2016.

Hery Syahputra, dkk, “SPK Pemiihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Jurnal SAINTEKS, 2019

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN