E-Decision Helper System Penerimaan Room Service Di Grand City Hall Hotel & Serviced Residences Medan Menggunakan Metode Preference Selection Index (PSI)

Authors

  • Jerry Ramadhan Saputra STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4294

Abstract

Hotel adalah suatu perusahaan akomodasi yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar Salah satu cara agar hotel memiliki peningkatan kualitas yang baik adalah dengan meningkatkan kinerja room service. Room service adalah orang yang bekerja dibidang jasa pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel. Room service juga dapat disebut in-room dining.Permasalahan yang ada di Grand City Hall & Serviced Residences Medan yaitu dalam penerimaan calon pekerja divisi room service yang memiliki banyak peminat dan masih memakai cara manual dinilai kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, solusi untuk membantu pihak Grand City Hall & Serviced Residences Medan adalah dengan cara membuat Sistem Pendukung keputusan dengan memanfaatkan metode Preference Selection Index berbasis web, yang dimana untuk memecahkan sebuah materi dan untuk menentukan masalah Multi Criteria Decision Making (MCDM).Hasil dari penelitian ini: agar dapat membantu Grand City Hall Serviced & Residences Medan dalam menentukan penerimaan room service. Dari masalah-masalah yang ada, maka judul yang ditetapkan adalah E-Decision Helper System Penerimaan Room Service Di Grand City Hall Serviced & Residences Medan Menggunakan Metode Preference Selection Index (Psi).

Author Biographies

Jerry Ramadhan Saputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Putriani, “Standar Operasional Prosedur Butchering Pada Spoon Dining Kitchen Di Hotel Grand Aston City Hall Medan,†vol. 20, no. 5, pp. 40–3, 2017, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=D9_YDwAAQBAJ&pg=PA369&lpg=PA369&dq=Prawirohardjo,+Sarwono.+2010.+Buku+Acuan+Nasional+Pelayanan+Kesehatan++Maternal+dan+Neonatal.+Jakarta+:+PT+Bina+Pustaka+Sarwono+Prawirohardjo.&source=bl&ots=riWNmMFyEq&sig=ACfU3U0HyN3I.

H. C. Putra, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MITRA KERJASAMA PADA HOTEL GRAND SIRAO DENGAN MENGGUNAKAN METODE PSI (Preference Selection Index),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 465–472, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1629.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.921.

M. Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, K. Khasanah, and A. Iskandar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Pada Bagian Perencanaan Pt. Pln (Persero) Area Medan Menerapkan Preference Selection Index,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.966.

Downloads

Published

2020-08-30

URN