Implementasi Data Mining Metode Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen pada Transaksi Penjualan Makanan Dan Minuman (Study Kasus Restaurant J.M.C Medan)

Authors

  • Muhammad Kholid STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitiri Boy STIMK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4277

Abstract

Restaurant J.M.C adalah perusahaan makanan dan minuman diIndonesia yang bergerak dibidang jasa Boga atau makanan dengan ciri khas rumahan dimana restaurant dapat dilihat dari desain lama, dimana berawal pada tahun 2020 dari sebuah restaurant dengan masakan milik Ahmad Maulana di jalan  Tengku Amir Hamzah.Dalam mengelola Restaurantnya,Bapak Ahmad maulana yang berasadll dari sumatera utara, selalu menyesuaikan dengan lidah Orang Banyakan, sehingga mengurangi rasa pedas dalam masakan rumahan.luas. Buatannya iya juga memiliki hidangan Khusus,yakni Ayam Sambal Matah yang telah dikenal menu khas Restauran J.M.C Pihak manajemen restaurant J.M.C terkadang sering mengalami kendala dalam memenuhi pemesanan makanan dan minuman yang ada terkendala dengan bahan baku. Solusinya dalam permasalahan adalah pihak manajemen restaurant J.M.C. di Tuntut untuk mencari jalan keluar pada masalah direstaurant J.M.C Medan. solusi didalam pengelolahan kebutuhan bahan baku pada Makanan dan minuman  sehingga bisa menemukan strategi yang didapat selalu Meningkatkan usaha dibidang  penjualan terutama harus meningkatkan salah Satu pelayanan terbaik. Salah satu Strategi yang dapat dilakukan adalah untuk Mencari asosiasi dari menu makanan dan minuman  yang tersedia dengan cara mengikuti pola pembelian yang sering dilakukan  pelanggan tersebut guna untuk Mempermudah pengambilan keputusan persediaan bahan baku makanan yang Ada di restaurant J.M.C Medan untuk mengatasi permasalahan dalam tata kelola pembelian makanan dan minuman pada restaurant J.M.C,tersebut salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) yaitu analisis dari kebiasaan dari Membeli Konsumen dan algoritma apriori.Hasil dari Metode apriori ini meupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar menu makanan dan minuman yang disediakan hasil akhirnya adalah suat Aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada menu makanan dan minuman yang ada pada Restaurant J.M.C Medan dan untuk mengetahui manajemen bahan baku pembuatan menu makanan dan minuman.

Author Biographies

Muhammad Kholid, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitiri Boy, STIMK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

1]. “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma AprioriMateus†Paga Tana1, Fitri Marisa 2, Indra Dharma Wijaya 3Jurusan Teknik Informatika, FT Universitas Widyagama, Malang. JIMP -Jurnal Informatika Merdeka PasuruanVol 3 No 2 Agustus 2018.

2]. â€IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN'Sâ€)Arfhan Prasetyo, Numan Musyaffa, Ricki Sastra. Bina Sarana Informatika Kampus, Desember 2020.

3]. “Analis penerapan asosiasi untuk menentukan transaksi penjualan pada What’s Up cafe dengan metode algoritma apriori†Yulinda Wahyuningtias,Rusdiansyah. Universitas Bina Sarana Informatika Jl.Kamal Raya No.18,Ring Road Barat Jakarta Barat,DKI Jakarta Rusdi, September 2019.

4]. “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatanâ€.Kennedi Tampubolun, Hoga Saragih, Bobby Reza, Journal of Informatics and Technology, Vol 2, No 2, Tahun 2013.

5]. “Algoritma Asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualanâ€Mohammad Badrul, Nusa Mandiri Jakarta Jl. Damai No.8 warung jati barat margasatwa jakarta selatan.

6]. “Tahapan Data Miningâ€Turban, E, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Andi: Yogyakarta.Larose, Daniel T. 2005. Discovering Knowledge in Data : An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc.ayyad, Usama. 1996. Advances in Knowledge Discovery and Data Mining. MIT Press.

7]. Lismardiana, H Mawengkang, E.B. Nababan. “Pengenbangan Algoritma Apriori untuk pengambilan keputusan The Development apriori alâ€. Medan. 2015 Dedi Darwis, Algoritma Apriori. Univ. Teknokrat Indonesia. Lampung. 2019.

8]. Lismardiana, H Mawengkang, E.B. Nababan. “Pengenbangan Algoritma Apriori untuk pengambilan keputusan The Development apriori alâ€. Medan. 2015 Dedi Darwis, Algoritma Apriori. Univ. Teknokrat Indonesia. Lampung. 2019.

9]. Associtian Rules Learning Alkadri Masnur Teknik Informatika, Analisa Data Mining Menggunakan Market Basket Analysisuntuk Mengetahui Pola Beli Konsumen, STMIK Amik Riau. 2015.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN