Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Siswa Yang Akan Mengikuti Olimpiade Matematika Nasional Pada SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Dengan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)

Authors

  • Dinda Septiani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4190

Abstract

Dalam Menentukan Kelayakan Siswa untuk mengikuti Olimpiade Matematika Nasional biasanya hanya berdasarkan nilai pelajaran yang didapat masih tersimpan dalam bentuk data arsip atau buku besar sehingga mempersulit proses pengambilan informasi nilai pelajaran tersebut. Suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu pihak sekolah dalam memutuskan siswa mana yang sesuai kualifikasi. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adaah suatu sistem berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menggunakan data. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode Additive Ratio Assessment (ARAS). Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada SMA Angkasa 1 Lanud Medan.

Author Biographies

Dinda Septiani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sundari, S. M. Sinaga, I. S. Damanik, and A. Wanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Olimpiade Matematika SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Dengan Metode Electre,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 793–799, 2019.

M. Syafi’ie, T. Tursina, and Y. Yulianti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Daerah Prioritas Penanganan Stunting pada Balita Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus : Kota Pontianak),†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i1.27815.

M. M. Aliy Hafiz, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Pendekatan Weighted Product,†Cendikia, vol. 15, no. 2, pp. 23–28, 2018.

Mardiyana, Riyadi, P. Sujatmiko, and D. R. Aryuna, “Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Smp Kota Surakarta Dalam Pembinaan Olimpiade Matematika Nasional,†Pros. Semin. Mat. dan Pendidik. Mat. FKIP UNS 2016, no. November, pp. 848–860, 2016.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019, [Online]. Available: https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/215/210.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN