SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI PEMBANGUNAN CABANG RESTORAN APJ ( AYAM PENYET JAKARTA ) DI MEDAN MENGGUNAKANMETODE AHP DAN METODE MOORA

Laba Sihombing, Nurcahyo Budi Nugroho, Hafizah Hafizah

Abstract


Keberhasilan suatu usaha baik besar ataupun kecil, merupakan salah satu keputusan usaha yang harus dihadapi.Sehingga dalam mendirikan sebuah usaha perlu di cermati lagi dalam menentukan lokasi yang strategis, sehingga usaha dengan menentukan lokasi yang strategis juga ikut andil dalam keberhasilan suatu usaha yang akan dibangun.

Restoran Ayam Penyet Jakarta (APJ) adalah salah satu kuliner di kota Medan yang telah berdiri sejak tahun 2001 dan berkembang hingga memiliki 12 cabang hingga saat ini. APJ sendiri berada dibawah naungan PT.KIKI Anugrah Rasa. Hingga saat ini 2021, cabang restoran ayam penyet jakarta pernah tutup karena lokasi yang strategis, tidak ramai pengunjung dan merugi tiap bulannya.

Dari permasalahan di atas diperlukan konsep sistem pendukung keputusan dengan metode AHP dan metode MOORA. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem yang dapat membantu pengambilan keputusan di dalam situasi yang semiterstruktur dan tidak teratur. Sehingga dapat memberikan solusi untuk menyelesaik an masalah yang dihadapi restoran APJ dalam pemiligan lokasi pembangunan cabang.

 Hasil akhir adalah sebuah aplikasi berbasis dekstop yang digunakan oleh pihak restiran APJ dalam membantu memutuskan lokasi yang layak sebagai cabang baru yang hendak dibangun.


Full Text:

PDF

References


W. D. Lobyanto, “Membangun sistem rekomendasi penentuan lokasi usaha strategis di kabupaten sleman menggunakan metode ahp berbasis web.”

D. H. Pane dan K. Erwansyah, “Model Prioritas Pemilihan Daerah Pembangunan Tower Telekomunikasi Berbasis Kombinasi Metode AHP dan Metode Moora,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 2, hal. 11–22, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/491.

Y. Sa’adati, S. Fadli, dan K. Imtihan, “Analisis Penggunaan Metode AHP dan MOORA untuk Menentukan Guru Berprestasi Sebagai Ajang Promosi Jabatan,” SinkrOn, vol. 3, no. 1, hal. 82–90, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/189.

S. Ahmadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Usaha Menjahit di Medan menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA ),” Maj. Ilm. INTI, vol. 14, no. 2, hal. 159–163, 2019.

I. Prawira et al., “Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Barang Berbasis Web Pada Bengkel Mobil Auto Rizal Palembang,” J. Chem. Inf. Model., vol. 3, no. 2, hal. 141, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https;//www.pdfdrive.com.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.41795

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.4179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]