Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Supplier Pemilihan Bibit Ayam Broiler Terbaik Pada CV. Berkah Jaya Abadi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Noverius Berkat Waruwu STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4174

Abstract

CV. Berkah Jaya Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supplier penjual daging ayam potong broiler segar, dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya, CV. Berkah Jaya Abadi biasanya mendapat suplai/pasokan ayam potong broiler dari para suppliernya. Untuk mempermudah pemilihan supplier terbaik, maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan mengevaluasi dan menyeleksi supplier dengan multikriteria dengan mengacu kepada solusi yang diberikan oleh metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem pendukung keputusan pemilihan supplier terbaik dengan menggunakan metode AHP ini dibuat berdasarkan data dan kriteria yang diperoleh dari CV. Berkah Jaya Abadi, dimana satu supplier dengan supplier lainnya akan dibandingkan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, kemudian hasil dari proses ini akan menjadi pertimbangan bagi quality control untuk memilih supplier yang baik dan tepat.

Author Biographies

Noverius Berkat Waruwu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Ayu and S. Kom, “Pemilihan Siswa Atau Siswi Terbaik Di Sma Masehi 1 Psak Semarang Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process ( Ahp ).â€

R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,†J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.101.

R. Umar, A. Fadlil, and Y. Yuminah, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.23917/khif.v4i1.5978.

T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, and M. R. A. Saf, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.648.

J. Karim, “Pohuwato Provinsi Gorontalo,†vol. 10, no. April, pp. 86–91, 2018.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN