Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Operasi Bus Antar Kota Menggunakan Metode Psi (Preference Selection Index)

Authors

  • Panji Agung Pratama Stmik Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy Stmik Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4130

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Medan mempunyai peranan penting sebagai Dinas yang menangani bidang transportasi secara umum termasuk pengujian kendaraan. Sehubungan dengan usaha-usaha untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah kota medan adalah dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarat dibidang angkutan kota. Saat ini transportasi merupakan hal yang sangat vital sekali bagi kehidupan masyarakat. Salah satu transportasi yang efektif dan efisien yaitu bus. Oleh karena itu bus juga harus melakukan uji kelayakan jalan. Kondisi bus yang tidak layak jalan menyebabkan banyak terjadi kecelakaan..       Permasalahan tersebut mengetahui kelayakan jalan bus dibuat suatu aplikasi uji kelayakan bus dengan menggunakan bidang keilmuan sistem pedukung keputusan metode Preference Selection Index (PSI). PSI merupakan metode yang digunakan untuk memecahkan multi-kriteria pengambilan keputusan (MCDM) dan hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan minimal dan sederhana sesuai konsep statistik namun tanpa keharusan pembobotan kriteria. Sebagai hasilnya, keluaran hasil inferensi pada setiap aturan didefinisikan sebagai nilai yang tegas (crips) berdasarkan kuat penyulutan aturan       Hasil pengujian dapat menentukan kelayakan jalan bus dan menghasilkan akurasi yang diharapkan dapat membantu petugas Dinas Perhubungan Kota Medan untuk menentukan kelayakan jalan bus. Kata Kunci: Bus, Crips, Kelayakan, PSI, Sistem Pendukung Keputusan 

Author Biographies

Panji Agung Pratama, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. G. Celesta and N. Fitriyah, “Gambaran Sanitasi Dasar Di desa Payaman, Kabupaten Bojonegoro Tahun 2016,†Jurnal Kesehatan Lingkungan, vol. 11, no. 2, pp. 89–90, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.unair.ac.id/JKL.

D. H. Khoir, U. Wismono, et. all, “Best Practice Sanitasi Sekolah Sehat,†Direktorat Pembinaan SMA, pp. 2–17, 2019.

Direktorat PSMA, “Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Program Renovasi Sanitasi,†pp. 5–10, 2019.

D. Kusumawati and Mohammad, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Beras Miskin Menggunakan Metode PSI pada Kecamatan Banawa," Computer Science and Informatics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 59-70, 2018. [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/scientico/article/view/12060/pdf.

A. Herliana and P. M. Rasyid, “Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Software pada tahap Development Berbasi Web,†no. 1, pp. 41–50, 2016.

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),†J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

Downloads

Published

2019-03-02

URN