Implementasi Fuzzy Mamdani Untuk Penyediaan Stok Roller Conveyor Di CV. Praji Tehnik

Authors

  • Wisnu Wardhana STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4124

Abstract

       CV. Praji Tehnik adalah usaha perseorangan di bidang kontraktor, leveransir dagang, umum dan jasa yang melayani perusahaan menengah dan perusahaan besar baik swasta dan penjualan yang berkedudukan di kota medan dan untuk produk yang sering dan paling umum dicari adalah roller conveyor. Pendataan produksi ini dilakukan sesuai dengan penjualan yang masuk dari konsumen mereka dan hal ini dilakukan mereka untuk proses penyediaan. Dimana untuk saat ini perusahaan memiliki kendala untuk masalah penyediaan yang tidak sesuai dan tidak sesuainya jumlah penjualan yang masuk, sehingga pencapaian target tidak pernah tepat dan hasil tidak optimal.       Permsalahan tersebut dapat disarankan dengan menggunakan sebuah tehnik ilmu pengetahuan yang berkembang yaitu Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support System. Dimana Sistem Pendukung Keputusan ini agar dapat menyelesaikan permasalahan tentang proses untuk penyediaan stok roller conveyor sesuai dengan penjualan konsumen, dimana hasil lebih optimal dan tepat. Pengambilan keputusan dengan menggunakan metode fuzzy mamdani dapat membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan data-data yang ada untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur maupun tersetruktur.       Hasil penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat sebagai media layanan konsultasi dalam memberikan informasi yang akurat, cepat dan mudah untuk dapat mengetahui penyakit pada tumbuhan jambu madu dengan kualitas pakar.

Author Biographies

Wisnu Wardhana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Dosen Pembimbing

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Dosen Pembimbing

References

K. Umam, V. E. Sulastri, T. Andini, D. U. Sutiksno and M. , "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 43-49, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa," Jurnak Komputer, vol. I, no. 2, pp. 61-69, 2018.

m. Abrori and . A. h. prihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," Kaunia, vol. XI, no. 2, p. 91 – 99, 2015.

I. K.E Raga Djara, T. Widiastuti and D. M. Sihotang, "Penerapan Logika Fuzzy Menggunakan Metode Mamdani Dalam Optimasi Permintaan Obat," J-ICON, vol. VII, no. 2, p. 157~161, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN