Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Promosi Jabatan Staff Area Menggunakan Metode Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (Oreste) Pada Rumah Sakit Umum Hidayah Deli Tua

Penulis

  • Rita Purnama Sari STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STIMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4114

Abstrak

Rumah Sakit Umum Hidayah Deli Tua akan merkomendasikan promosi karyawan nya untuk diangkat sebagai Staff Area. Untuk menjadi Staff Area tidak semua karyawan akan dicalonkan. Ada 10 orang karyawan yang akan dicalonkan sebagai Staff Area, dan 3 orang yang akan di pilih. Dalam mengambil keputusan, perusahaan melakukan secara manual tidak memperhatikan banyak hal. Oleh karena itu  pemilihan tersebut terkesan kurang tepat dan tidak objektif. Untuk mengambil keputusan menentukan rekomendasi promosi jabatan Staff Area dapat diselesaikan dengan menerapkan suatu ilmu pengambilan keputusan yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK dirancang untuk mendukung seluruh tahap pengambilan keputusan mulai dari mengidentifikasi masalah, memilih data, serta menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan. SPK ini menggunakan salah satu metode yaitu Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (Oreste), merupakan metode yang dibangun untuk menyesuaikan kondisi dari sekumpulan alternatif berdasarkan kriteria, sehingga dapat menyelesaikan masalah.

Biografi Penulis

Rita Purnama Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

B. Prabowo, “MOTIVASI KERJA DAN PRESTASI KERJA ( Studi Pada Karyawan PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang ),†vol. 32, no. 1, pp. 106–113.

R. Irma, “Analisis Metode Simple Additive Weight ( SAW ) dalam Promosi Kenaikan Jabatan Pada PT Telkom Cabang Bintaro,†vol. 3, pp. 67–74, 2019.

J. Nasution and M. Syahrizal, “PUSKESMAS MENGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY ( MAUT ) ( STUDI KASUS : PUSKESMAS DESA LAMA SEI LEPAN ),†vol. 3, pp. 176–182, 2019.

I. H. Firdaus et al., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK,†vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

S. Informasi et al., “aplikasi sistem pendukung keputusan tanaman obat herbal untuk berbagai penyakit dengan metode roc ( rank order centroid ) dan metode oreste berbasis mobile web obat herbal untuk berbagai penyakit dengan metode roc ( rank order centroid ) dan metode,†no. November 2016, 2017.

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN