Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menganalisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Semen Di Wilayah Kota Medan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Authors

  • Philips Wijaya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Fitri Boy STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Khairi Ibnutama STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.4042

Abstract

Semen adalah serbuk yang sangat halus berwarna abu-abu atau coklat abuabu, maupun  abu-abu kehijauan, terdiri dari silikat, kalsium dan aluminium. Serbuk semen yang dicampur dengan air hingga menjadi seperti bubur, akan mengeras dalam kurun waktu tertentu.  Berdasarkan permasalahan, maka akan dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah kepuasan masyarakat terhadap semen di wilayah Kota Medan. Dikarenakan pada saat ini masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Dimana penelitian ini akan menerapkan sebuah kecerdasan buatan yaitu Sistem Pendukung Keputusan  agar dapat membantu masyarakat untuk menentukan semen sesuai kriteria yang di inginkan masyarakat Kota Medan dan menerapkan metode Cuntomer Satisfaction Index. Hasil dari penelitian ini dengan sistem pendukung keputusan yang diterapkan dalam menganalisan kepuasan masyarakat terhadap semen diharapkan dapat membantu produksi semen lebih baik kedepannya.

Author Biographies

Philips Wijaya, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

A. Melliana and I. Zain, “Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten / Kota Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Panel,†J. Sains Dan Seni Pomits, vol. 2, no. 2, pp. 237–242, 2013.

T. Aprilian, Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Struktur Rangka Atap Baja. 2010.

W.Sutopo Edi & B.Parabowo, Ilmu Bahan Bangunan I, Deapertemen Pendidikan Dan Kebudayaan,vol 5, 2018

O. G. Hekhmatyar and D. Supriyadi, “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI,†Indones. J. onComputer Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017.

S. Khoiriyah, Y. Yunita, and A. Junaidi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Crew Store Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching di PT Sumber Alfaria Trijaya,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 2, no. 2, p. 27, 2019, doi: 10.34012/jutikomp.v2i2.668.

Downloads

Published

2021-05-29

Issue

Section

Articles

URN